Bahan Renungan Masa Adven 2019

KELUARGA MEMBANGUN GENERASI BERIMAN

Pendalaman Kitab Suci Dewasa & Orang Muda Katolik

disusun oleh: Komisi Kerasulan Kitab Suci Keuskupan Bandung 2019


Fokus pastoral Keuskupan Bandung pada tahun ini adalah "Orang Muda dalam Keluarga". Bertolak dari fokus pastoral tersebut, pada masa Adven ini kami mengajak umat Allah di Keuskupan Bandung untuk merefleksikan peran keluarga dalam mempersiapkan generasi hebat di masa datang.

Keluarga adalah "sekolah" yang pertama dan utama bagi setiap generasi. Keluarga yang hebat akan menghasilkan generasi-generasi yang hebat pula. Sebagaimana keluarga kudus Nazareth dipilih Allah sebagai "sekolah" bagi PutraNya, demikian pula keluarga-keluarga Kristiani dipilih Allah sebagai "sekolah" bagi generasigenerasi masa datang yang pada gilirannya akan menjadi rekan kerja Allah untuk mewujudkan Kerajaan Allah.

Sebagai bantuan untuk merefleksikan peran keluarga dalam mempersiapkan generasi mendatang, kita akan merenungkan kitab Amsal. Ada tiga tema yang disediakan sebagai bahan pertemuan lingkungan atau kelompok, yang hendaknya digunakan dalam tiga minggu

pada masa Advent. Bahan yang disediakan terdiri dari tiga tema, mengingat minggu Advent IV jatuh pada tanggal 22 Desember, sudah amat dekat dengan perayaan Natal.

Ketiga tema tersebut adalah:

I. Pentingnya Nasehat dan Pendidikan Orangtua (Ams.1:8 – 19)

II. Peran Orangtua menghantar Anak pada Pengenalan akan Allah (Ams. 2:1 - 8)

III. Nasehat dan Pendidikan Orangtua menjaga Orang Muda dari Berbagai Ancaman (Ams. 7:1 – 27)


Renungan-renungan kita kali ini akan menggunakan metode Lectio Divina. Sebagaimana sudah kita ketahui, Lectio Divina mengajak kita untuk membaca Sabda Allah berulang-ulang sehingga menghantar kita untuk masuk dalam pengalaman pribadi. Kita mengolah, merefleksikan pengalaman pribadi diterangi oleh Sabda Allah. Nanti pada gilirannya buah-buah refleksi itu akan kita sharingkan (bagikan) kepada saudara-saudara kita.

Hati-hati dengan godaan untuk menjelaskan atau menerangkan buah-buah pikiran atau ide. Secemerlang apapun ide tersebut, hal itu adalah godaan dan lanturan. Lanturan adalah kecenderungan yang mengaburkan pengalaman itu sendiri. Biasanya ditandai dengan kemunculan kata “seharusnya”, “sebaiknya”, “menurut pastor”, dan sebagainya. Fokus kita adalah sharing pengalaman pribadi. Harus berdasar pada pengalaman pribadi.


Bahan renungan Advent 2019 bisa didownload dengan klik link di bawah ini:

Renungan Advent 2019.pdf