Hari Doa Keluarga

Keluarga merupakan sekolah iman yang pertama dan utama maka perlu diupayakan pendampingan dan pembiasaan-pembiasaan dalam keluarga yang membantu setiap anggota keluarga semakin bertumbuh dalam iman dan kasih.

Doa bersama dalam keluarga adalah salah satu sarana yang dapat membantu: setiap anggota keluarga berkumpul satu hati satu tujuan kepada Tuhan; membangun komuni­kasi satu sama lain yang lebih intim dan penuh kasih; kesempatan untuk saling mendengar­­kan, meneguhkan, serta mendoa­kan apa yang menjadi pergulatan hidup masing-masing anggota keluarga; dan saat yang istimewa menyatukan cita-cita serta harapan sebagai satu keluarga untuk dibawa kepada Tuhan dalam doa.

Untuk memulai membangun kebiasaan berdoa dalam keluarga, kami mengajak seluruh umat di Keuskupan Bandung untuk melaksanakan gerakan “Hari Doa Keluarga”, yaitu kegiatan berdoa bersama yang dilaksanakan oleh setiap anggota keluarga pada suatu waktu yang telah ditetapkan.

Hari yang kami usulkan adalah setiap hari Jumat, dengan pertimbangan bahwa pada hari tersebut sebagian besar anggota keluarga lebih banyak memanfaatkan waktu untuk beristirahat setelah beraktivitas selama satu minggu. Kita ingat bahwa pada hari jumat Yesus wafat di kayu salib yang mana kita menghayati betapa besar kasih Allah kepada manusia sehingga mengorbankan Putera terkasih-Nya bagi keselamatan manusia. Maka hari jumat merupakan kesempatan untuk merenungkan betapa besarnya kasih Allah hadir dalam keluarga. Adapun ketentuan untuk melaksanakan gerakan ini adalah:

Seluruh anggota keluarga diupayakan berkumpul pada hari Jumat, sementara jam untuk berkumpul silakan disepakati bersama dalam keluarga.

Apabila ada anggota keluarga yang berhalangan untuk berkumpul berdoa bersama, anggota keluarga tersebut dapat menentukan waktu dan mendoakan­nya sendiri tetap pada hari Jumat tersebut.

Doa yang digunakan adalah doa-doa yang telah disusun oleh Tim Fokus Pastoral bidang Katekese secara berkala. Selain doa, Tim juga akan memper­siap­kan bahan-bahan renungan untuk sesekali direnungkan bersama pada hari Jumat.

Apabila keluarga memiliki kebiasaan mendoakan doa atau devosi  tertentu, maka setelah mendokan doa dari Tim Fokus Pastoral dapat dilanjutkan dengan doa atau devosi tersebut.


Materi Doa Keluarga dan Doa Kaum Muda dapat didownload di bawah ini:

Doa Keluarga.jpg

Doa Kaum Muda.jpg