Laporan Kegiatan Fokus Pastoral Tahun 2019

Sub Tema  2019: “Beriman dalam Keluarga (Misi 1 dan 2 Sinode OMK 2016 dan Kebijakan Nomor 6 Sinode Keuskupan Bandung 2015)

Inspirasi tema ini muncul dari misi pertama dan kedua Hasil Sinode OMK 2016 yang menekankan bahwa kaum muda Katolik terlebih dahulu harus membangun relasi yang intim dengan Allah melalui doa, sakramen, Kitab Suci dan Ajaran Gereja, serta menyediakan komunitas yang terbuka bagi bertumbuhnya iman kaum muda. Inspirasi ini juga didukung oleh Kebijakan Nomor 6 Sinode Keuskupan Bandung 2015 tentang “Pastoral Keluarga”. Diharapkan kaum muda mampu menghidupi iman Katolik di dalam Keluarganya. Hal-hal yang mungkin diupayakan dalam membangun spiritualitas kaum muda, antara lain, dengan menyelenggarakan pembinaan-pembinaan yang mampu memberi pemahaman tentang kekayaan iman Katolik dan pembiasaan-pembiasaan dalam keluarga yang mampu menumbuhkan semangat doa serta penghayatan terhadap Ekaristi. Peran serta para gembala, keluarga, dan komunitas umat lainnya sangat diperlukan. Oleh karena itu, pembinaan terhadap para gembala, keluarga, dan komunitas umat lainnya juga diperlukan agar semua memiliki pemahaman gerak yang sama dalam mendukung pertumbuhan iman kaum muda.

Tujuannya:

  • Meningkatkan spiritualitas, wawasan, dan pengetahuan kaum muda Katolik Keuskupan Bandung terhadap kekayaan iman Katolik.
  • Membiasakan berdoa dalam keluarga dan menumbuhkan penghayatan akan sakramen-sakramen Gereja, terutama Ekaristi.
  • Meningkatkan peran para gembala, keluarga, dan umat beriman dalam mendampingi orang muda sehingga Gereja sungguh menjadi komunitas yang nyaman bagi kaum muda untuk bertumbuh dalam iman Katolik.


Laporan Kegiatan Fokus Pastoral - Tahun 2019.pptx