Makna Logo Fokus Pastoral 2019-2025


Simbol bangunan dengan jendela hati, menjadi simbol sebuah formatio, rumah tempat pem-belajaran dan tumbuhnya seseorang. Jendela memungkinkan kehidupan didalamnya menda-patkan sinar dan udara. Harapannya, seseorang akan tumbuh dan belajar banyak tentang kasih dan katolisitas melalui rumah yang yang hidup, komunitas kasih yang menyelamatkan.

            Jendela terbuka menandakan sebuah keterbukaan pada dunia. Simbol dari “aggiornamento”. AGGIORNAMENTO adalah sebuah kata yang diucapakan Oleh Santo Paus Yohanes XXIII yang memiliki makna “bukalah jendela itu agar udara bisa masuk”. Dalam arti lain, udara berarti dunia, dan kita yang ada di dalam rumah, tidak lain adalah Gereja. Dengan adanya keterbukaan ini, Gereja memiliki perubahan dalam banyak hal, dan tentunya demi perkembangan Gereja Semesta. Semangat “Aggiornamento” yang menjiwai Konsili Vatikan II berarti sebuah ekspresi yang memiliki daya hidup terus menerus dari sumbernya, karena Kristianitas selalu baru: Seperti halnya benih yang berkembang, Gereja selalu bertumbuh dan berbuah dari hari ke hari. Semoga dengan semangat yang telah diteruskan dari Bapa Konsili, kehendak baik dalam mengikuti Kristus, dan berkat karya Roh Kudus, kita semua, sebagai bagian dari Tubuh Mistik, dapat terus tumbuh dan berkembang menjalankan kerasulan kita bagi Gereja dan dunia.

            Simbol bangunan yang terbuka menandakan keterbukaan pada yang lain. “Sangatlah penting untuk membuat suatu ruang di kota dan komunitas kita sebagai tempat bertumbuh, untuk bermimpi dan melihat kepada cakrawala baru! Jangan pernah kehilangan semangat untuk menikmati persekutuan dan persahabatan dengan orang lain, juga kesenangan untuk bermimpi bersama, berjalan bersama. Seorang Kristen sejati tidak takut untuk membuka diri kepada orang lain dan berbagi dengan mereka ruang-ruang penting milik mereka sendiri, membuat ruang untuk persaudaraan. Hai orang muda, jangan biarkan sinar masa mudamu menjadi padam dalam kegelapan dari ruang yang tertutup dimana satu-satunya jendela ke dunia luar adalah melalui komputer dan gawai. Buka dengan lebar pintu-pintu kehidupanmu! Semoga waktu dan ruangmu diisi dengan hubungan yang berarti, orang-orang yang nyata, bersama dengan mereka berbagi kehidupan sehari-harimu yang asli dan pengalaman-pengalaman nyatamu.” (Pesan Paus Fransiskus untuk Hari Orang Muda Sedunia ke-33)

            Simbol ikon orang menjadi gambaran orang-orang muda yang sedang tumbuh dalam dunia yang penuh warna. Orang muda masa kini merupakan insan-insan yang banyak bergelut dengan kompleksitas kemodernan. Selain tantangan modernisme teknologi, kaum muda juga dihadap-kan pada kenyataan sosial yang memprihatinkan. Di tengah banyaknya keprihatinan Gereja dan dunia saat ini, kaum muda Katolik memiliki peluang untuk menjadi agen perubahan supaya dunia dan kemanusiaan kita semakin baik, mereka dapat menjadi agen-agen pewarta damai, sukacita, kasih, keadilan, dan kebenaran bagi banyak orang. Mereka harus berani keluar dari dari lingkaran kenyamanan, dengan sukacita melaksanakan misi mengubah dunia.

            Warna-warni gradasi sebagai gambaran bahwa transformasi terjadi dimana Roh Kudus yang terus menyala dalam setiap keluarga menghantar generasi penerus tumbuh dan berkembang, hijau bersemi.

Bentuk lingkaran adalah adalah simbol dunia, sebuah dunia yang selalu baru dan berubah. Lingkaran dunia mengisyaratkan adanya kontinuitas, adanya keberlanjutan dari generasi ke generasi selanjutnya. Melalui dunia dan sejarah manusia inilah Allah senantiasa menunjukkan karya keselamatannya. “Aku melihat langit yang baru dan bumi yang baru, sebab langit yang pertama dan bumi yang pertama telah berlalu.” (Wahyu 21:1)

            Simbol tangan terbuka menjadi simbol karya Allah yang senantiasa menyertai setiap proses transformasi kaum muda. Allah membukakan jalan dan menuntun pada keselamatan setiap orang. Kaum muda hendaknya tetap setia pada Allah sembari mensyukuri segala karunia dengan mengatakan “Apabila Engkau membuka tangan-Mu, mereka kenyang oleh kebaikan.” (Mazmur 104:28)


tim fokus pastoral.