Perayaan Ekaristi 10 Mei 2020

LITURGI

HARI MINGGU PASKAH V

Sabtu - Minggu, 09 - 10 Mei 2020


RITUS PEMBUKA


TANDA SALIB DAN SALAM (umat berdiri)
I. Dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus
U. Amin
I. Rahmat Tuhan kita Yesus Kristus, cinta kasih Allah dan persekutuan Roh Kudus bersamamu
U. Dan bersama rohmu
   
PENGANTAR 


DOA PEMBUKA -berdiri- 
I. Marilah kita berdoa:
(hening sejenak)
I. Allah yang Mahakuasa dan kekal, Engkau berkenan membarui kami dengan  pembaptisan kudus. Sempurnakanlah selalu sakramen Paskah ini dalam diri  kami supaya berkat perlindungan-Mu kami menghasilkan banyak buah dan  Engkau perkenankan mencapai sukacita hidup abadi. Dengan pengantaraan  Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama dengan Dikau dalam  persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa.
U. Amin.



LITURGI SABDA


BACAAN I (Kis 6:1-7) -duduk-

 

 "Mereka memilih tujuh orang yang penuh dengan Roh Kudus."

     

L. Bacaan dari Kisah Para Rasul: 

     

Di kalangan jemaat di Yerusalem, ketika jumlah murid makin bertambah,  timbullah sungut-sungut di antara orang-orang Yahudi yang berbahasa  Yunani terhadap orang-orang Ibrani, karena dalam pelayanan sehari-hari  pembagian kepada janda-janda mereka diabaikan. Berhubung dengan itu  kedua belas rasul memanggil semua murid berkumpul dan berkata, “Kami  tidak merasa puas, karena kami melalaikan firman Allah untuk melayani  meja. Karena itu, Saudara-saudara, pilihlah tujuh orang dari antaramu,  yang terkenal baik, dan yang penuh Roh dan hikmat, supaya kami  mengangkat mereka untuk tugas itu, sehingga kami sendiri dapat  memusatkan pikiran dalam doa dan pelayanan firman.” Usul itu diterima  baik oleh seluruh jemaat. Lalu mereka memilih Stefanus, seorang yang  penuh iman dan Roh Kudus, dan Filipus, Prokhorus, Nikanor, Timon,  Parmenas, dan Nikolaus, seorang penganut agama Yahudi dari Antiokhia.  Mereka itu dihadapkan kepada para rasul; lalu para rasul pun berdoa dan  meletakkan tangan di atas mereka. Firman Allah makin tersebar, dan  jumlah murid di Yerusalem makin bertambah banyak, juga sejumlah bersar  imam menyerahkan diri dan percaya.

L. Demikianlah Sabda Tuhan

U. Syukur kepada Allah.


MAZMUR TANGGAPAN (Mzm 33:1-2.4-5.18-19; Ul:lh. PS 833) -duduk- 

Ulangan: 

Mazmur:

1. Bersorak-sorailah dalam Tuhan, hai orang-orang benar! Sebab  memuji-muji itu layak bagi orang jujur. Bersyukurlah kepada Tuhan dengan  kecapi, bermazmurlah bagi-Nya dengan gambus sepuluh tali.

2. Sebab firman Tuhan itu benar, segala sesuatu dikerjakan-Nya dengan  kesetiaan Ia senang pada keadilan dan hukum; bumi penuh dengan kasih  setia-Nya.
3. Sungguh, mata Tuhan tertuju kepada mereka yang bertakwa, kepada  mereka yang berharap akan kasih setia-Nya; Ia hendak melepaskan jiwa  mereka dari maut dan memelihara hidup mereka pada masa kelaparan.

       

BACAAN II  (1Ptr 2:4-9) -duduk- 

   
  "Kamulah bangsa yang terpilih, kaum imam yang rajawi."

 

L.  Bacaan dari Surat Pertama Rasul Petrus: 

 

 Saudara-saudara terkasih, datanglah kepada Kristus, batu yang hidup,  yang dibuang oleh manusia, tetapi dipilih dan dihormati di hadirat  Allah. Biarlah kamu pun dipergunakan sebagai batu hidup untuk  pembangunan suatu rumah rohani bagi suatu imamat kudus, untuk  mempersembahkan persembahan rohani, yang berkenan kepada Allah karena  Yesus Kristus. Sebab ada tertulis dalam Kitab Suci: Sesungguhnya, Aku  meletakkan di Sion sebuah batu yang terpilih, sebuah batu penjuru yang  mahal, dan siapa yang percaya kepadanya tidak akan dipermalukan. Karena  itu, bagi kamu yang percaya, ia mahal, tetapi bagi mereka yang tidak  percaya, “Batu yang telah dibuang oleh tukang-tukang bangunan telah  menjadi batu penjuru; juga telah menjadi batu sentuhan dan suatu batu  sandungan.” Mereka tersandung padanya karena mereka tidak taat kepada  firman Allah; dan memang sudah ditentukan untuk itu. Tetapi kamulah  bangsa yang terpilih, kaum imam yang rajawi, bangsa yang kudus, umat  kepunyaan Allah sendiri. Maka kamu harus memaklumkan perbuatan-perbuatan  agung Allah. Ia telah memanggil kamu keluar dari kegelapan masuk ke  dalam terang-Nya yang menakjubkan.

L. Demikianlah Sabda Tuhan

U. Syukur kepada Allah


BAIT PENGANTAR INJIL (Yoh 10:6; PS 959) -berdiri-

BACAAN INJIL (Yoh 14:1-12) -berdiri-


  "Akulah jalan, kebenaran dan hidup."

   

I. Tuhan bersamamu

U. Dan bersama rohmu

I. Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes

U. Dimuliakanlah Tuhan.

I. Dalam amanat perpisahan-Nya Yesus berkata kepada murid-murid-Nya,  “Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga  kepada-Ku; Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian,  tentu Aku mengatakan kepadamu. Sebab Aku pergi ke sana untuk menyediakan  tempat bagimu. Dan apabila Aku telah pergi ke sana dan telah  menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke  tempat-Ku, supaya di tempat Aku berada, kamu pun berada. Dan kemana Aku  pergi, kamu tahu jalan ke sana.” Kata Tomas kepada-Nya, “Tuhan, kami  tidak tahu ke mana Engkau pergi; jadi bagaimana kami tahu jalan ke  sana?” Kata Yesus kepadanya, “Akulah jalan, kebenaran dan hidup. Tidak  seorang pun dapat datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. Sekiranya  kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu  mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia.” Kata Filipus kepada-Nya,  “Tuhan, tunjukkanlah Bapa kepada kami, dan itu sudah cukup bagi kami.”  Kata Yesus kepada-Nya, “Telah sekian lama Aku bersama-sama engkau,  Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku,  ia telah melihat Bapa, bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa  kepada kami. Tidak percayakah engkau bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di  dalam Aku? Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari  diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang  melakukan pekerjaan-Nya. Percayalah kepada-Ku bahwa Aku di dalam Bapa  dan Bapa di dalam Aku; atau setidak-tidaknya percayalah karena  pekerjaan-pekerjaan itu sendiri. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya  barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga  pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang  lebih besar daripada itu, Sebab Aku pergi kepada Bapa.

HOMILI

SYAHADAT PARA RASUL  
(Umat berdiri, kata-kata yang dicetak miring diucapkan sambil membungkuk)
             
I+U. Aku percaya akan Allah, Bapa yang mahakuasa,
pencipta langit dan bumi.
Dan akan Yesus Kristus, Putra-Nya yang tunggal, Tuhan kita.
Yang dikandung dari Roh Kudus, dilahirkan oleh perawan Maria.

Yang menderita sengsara, dalam pemerintahan Pontius Pilatus,
disalibkan, wafat dan dimakamkan.
Yang turun ketempat penantian,
pada hari ketiga bangkit dari antara orang mati.
Yang naik ke surga,
duduk di sebelah kanan Allah Bapa yang mahakuasa.
Dari situ Ia akan datang mengadili orang hidup dan mati.
Aku percaya akan Roh Kudus,
Gereja Katolik yang kudus, persekutuan para kudus,
pengampunan dosa, kebangkitan badan, kehidupan kekal. Amin.  


     
LITURGI EKARISTI

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN
I. Berdoalah, Saudara-saudari, supaya persembahanku dan persembahanmu berkenan pada Allah, Bapa yang mahakuasa. (umat berdiri) 
U. Semoga persembahan ini diterima demi kemuliaan Tuhan dan keselamatan kita serta seluruh umat Allah yang kudus.
I.  Ya Allah, Putra-Mu menjadi manusia dan mengorbankan diri-Nya supaya  kami mendapat bagian dalam keilahian-Mu yang mulia. Kami mohon, semoga  berkat pertukaran agung ini kami memahami kebenaran yang Engkau ajarkan  dan mengamalkannya dalam perilaku yang pantas. Dengan pengantaraan  Kristus, Tuhan kami.
U. Amin.


BAPA KAMI (PS 404) (umat berdiri)

I. Atas petunjuk Penyelamat kita dan menurut ajaran ilahi, maka beranilah kita berdoa
I+U. Bapa kami yang ada di surga,  dimuliakanlah nama-Mu, datanglah kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di  atas bumi seperti di dalam surga. Berilah kami rezeki pada hari ini dan  ampunilah kesalahan kami, seperti kami pun mengampuni yang bersalah  kepada kami; dan janganlah masukkan kami ke dalam pencobaan, tetapi  bebaskanlah kami dari yang jahat.
         
I. Ya Bapa, bebaskanlah kami dari segala yang jahat dan berilah kami   damai-Mu. Kasihanilah dan bantulah kami supaya selalu bersih dari noda   dosa dan terhindar dari segala gangguan sehingga kami dapat hidup dengan   tenteram, sambil mengharapkan kedatangan Penyelamat kami, Yesus   Kristus.
U. Sebab Engkaulah Raja yang mulia dan berkuasa untuk selama-lamanya.
     
DOA DAMAI (umat berdiri)
I. Tuhan Yesus Kristus, Engkau bersabda kepada para rasul, "Damai   Kutinggalkan bagimu, damai-Ku Kuberikan kepadamu." Jangan   memperhitungkan dosa kami, tetapi perhatikanlah iman Gereja-Mu, dan   restuilah kami supaya hidup bersatu dengan rukun sesuai dengan   kehendak-Mu. Sebab Engkaulah pengantara kami kini dan sepanjang masa.
U. Amin.  

I. Damai Tuhan bersamamu
U. Dan bersama rohmu. 


PERSIAPAN KOMUNI (umat berlutut/berdiri)
Ajakan menyambut Komuni
I. Inilah Anak Domba Allah, yang menghapus dosa dunia. Berbahagialah kita yang diundang ke perjamuan-Nya
U. Ya Tuhan, saya tidak pantas, Engkau datang kepada saya, tetapi bersabdalah saja, maka saya akan sembuh.

KOMUNI  


DOA SESUDAH KOMUNI (umat berdiri)
I. Marilah kita berdoa:
I.  Ya Allah, Engkau telah menyegarkan umat-Mu dengan misteri surgawi.  Kami mohon, buatlah kami beralih dari hidup lama ke hidup yang baru.  Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami, yang hidup dan berkuasa,  sepanjang segala masa.
U. Amin.


RITUS PENUTUP

BERKAT MERIAH (umat berdiri)
I. Tuhan bersamamu
U. Dan bersama rohmu
I. Semoga berkat perayaan Paskah hari ini Allah yang mahakuasa  memberkati Saudara dan melindungi Saudara dari segala bahaya dosa.
U. Amin.
I. Semoga Allah, yang memulihkan hidup Saudara lewat kebangkitan Putra  Tunggal-Nya, memenuhi hati Saudara dengan karunia-karunia abadi.
U. Amin.
I. Semoga sesudah memperingati hari-hari sengsara Tuhan dan merayakan  pesta Paskah dengan gembira, Saudara diantar Tuhan memasuki pesta  sukacita abadi.
U. Amin.
I. Dan semoga Saudara sekalian dilindungi, dibimbing dan diberkati oleh Allah yang mahakuasa: (+) Bapa dan Putra dan Roh Kudus.
U. Amin.
 
PENGUTUSAN 
(umat berdiri)
 
I. Saudara sekalian, Perayaan Ekaristi sudah selesai. Alleluya, alleluya
U. Syukur kepada Allah, Alleluya, alleluya.
I. Marilah pergi, kita diutus.
U. Amin.