Perayaan Ekaristi 13 Oktober 2019

LITURGI

MINGGU BIASA XXVIII

Minggu 13 Oktober 2019


SERUAN TOBAT  

I. Saudara-saudari, marilah mengakui bahwa kita telah berdosa supaya layak merayakan peristiwa penyelamatan ini.

I. Selama kusembunyikan dosaku, batinku tertekan, dan aku mengeluh sepanjang hari.
U. Berbahagialah orang bila dosanya diampuni. 

I. Aku mengakui dosaku di hadapan-Mu, Tuhan, dan kesalahanku tidak kusembunyikan.
U. Berbahagialah orang bila dosanya diampuni.

I. Nasib orang berdosa sengsara belaka, tetapi orang yang percaya kepada Tuhan dilimpahi kasih setia.
U. Berbahagialah orang bila dosanya diampuni.  
   
I. Semoga Allah yang mahakuasa mengasihani kita, - mengampuni dosa kita, - dan mengantar kita ke hidup yang kekal.
U. Amin.


DOA PEMBUKA
I. Marilah kita berdoa:
(hening sejenak)
I Ya Allah, kebaikan-Mu kepada kami sungguh tak terhingga. Kami mohon,  bebaskanlah kami dari kesombongan agar kami selalu sadar akan  kebaikan-Mu kemudian mensyukuri dan membagikannya kepada sesama kami.  Dengan pengantaraan Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama Dikau  dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala  masa.
U. Amin.


LITURGI SABDA



BACAAN I (2Raj 5:14-17)

   

"Naaman kembali kepada Elisa, abdi Allah, dan memuji Tuhan,"

      

L. Bacaan dari Kitab Kedua Raja-raja:


Sekali peristiwa, turunlah Naaman, panglima raja Aram, ke Sungai Yordan,  lalu membenamkan dirinya tujuh kali ke dalam sungai itu sesuai dengan  perkataan Elisa, abdi Allah itu. Lalu pulihlah tubuhnya kembali seperti  tubuh seorang anak, dan ia menjadi tahir. Kemudian kembalilah ia dengan  seluruh pasukannya kepada abdi Allah itu. Sesampai di sana, majulah ia  ke depan Elisa dan berkata, "Sekarang aku tahu bahwa di seluruh bumi  tidak ada Allah kecuali di Israel. Karena itu, terimalah kiranya suatu  pemberian dari hambamu ini!" Tetapi Elisa menjawab, "Demi Tuhan yang  hidup, yang aku layani, aku tidak akan menerima apa-apa." Walaupun  Naaman mendesaknya, Elisa tetap tidak mau menerima sesuatu. Akhirnya  berkatalah Naaman, "Jikalau demikian, berikanlah kepada hambamu ini  tanah sebanyak dapat diangkut oleh sepasang bagal, sebab hambamu ini  tidak lagi akan mempersembahkan kurban bakaran atau kurban sembelihan  kepada allah lain, kecuali kepada Tuhan."


L. Demikianlah Sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN
(PS 807;  Mzm 98:1.2-3ab.3cd-4; R: 2b) 
Ulangan: Segala ujung bumi melihat keselamatan yang datang dari Allah kita.
Mazmur: 
1.  Nyanyikanlah lagu baru bagi Tuhan, sebab Ia telah melakukan  karya-karya yang ajaib; keselamatan telah dikerjakan oleh tangan  kanan-Nya, oleh lengan-Nya yang kudus.
2. Tuhan telah memperkenalkan keselamatan yang datang daripada-Nya, Ia  telah menyatakan keadilan-Nya di hadapan para bangsa. Ia ingat akan  kasih setia-Nya terhadap kaum Israel.
3. Segala ujung bumi telah melihat keselamatan yang datang dari Allah  kita. Bersorak-sorailah bagi Tuhan, hai seluruh bumi, bergembiralah dan  bermazmurlah!
   


BACAAN II  (2Tim 2:8-13) 

    

 "Jika kita bertekun, kita pun akan memerintah dengan Kristus."

   

L.  Bacaan dari Surat Kedua Rasul Paulus kepada Timotius:  

                           

Saudaraku terkasih, ingatlah akan ini: Yesus Kristus, keturunan Daud,  yang telah bangkit dari antara orang mati, itulah yang kuberitakan dalam  Injilku. Karena pewartaan Injil inilah aku menderita, malah dibelenggu  seperti seorang penjahat, tetapi sabda Allah tidak terbelenggu. Karena  itu, aku sadar menanggung semuanya itu bagi orang-orang pilihan Allah,  supaya mereka pun memperoleh keselamatan dalam Kristus Yesus dengan  kemuliaan yang kekal. Benarlah sabda ini: Jika kita mati dengan Kristus,  kita pun akan hidup dengan Dia. Jika kita bertekun, kita pun akan ikut  memerintah dengan Dia. Jika kita menyangkal Dia, Dia pun akan menyangkal  kita. Jika kita tidak setia, Dia tetap setia, karena Dia tidak dapat  menyangkal diri-Nya."

   

L. Demikianlah sabda Tuhan

U. Syukur kepada Allah

     

BAIT PENGANTAR INJIL (PS 955, 1Tes 5:18)

Ulangan. Alleluya, alleluya, alleluya.  

Ayat.  Bersyukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah bagimu dalam Kristus Yesus.

 

BACAAN INJIL (Luk 17:11-19)

   

 "Tidak adakah yang kembali untuk memuliakan Allah selain orang asing ini?"

   

I. Tuhan bersamamu

U. Dan bersama rohmu

I. Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas

U. Dimuliakanlah Tuhan.

I.  Dalam perjalanan-Nya ke Yerusalem, Yesus menyusur perbatasan Samaria  dan Galilea. Ketika Ia masuk suatu desa, datanglah sepuluh orang kusta  menemui Dia. Mereka tinggal berdiri agak jauh, dan berteriak, "Yesus,  Guru, kasihanilah kami!" Yesus lalu memandang mereka dan berkata,  "Pergilah dan perlihatkanlah dirimu kepada imam-imam." Dan sementara  dalam perjalanan, mereka menjadi tahir. Seorang di antara mereka, ketika  melihat bahwa ia telah sembuh, kembali sambil memuliakan Allah dengan  suara nyaring, lalu tersungkur di depan kaki Yesus, dan mengucap syukur  kepada-Nya. Orang itu seorang Samaria. Lalu Yesus berkata, "Bukankah  sepuluh orang tadi semuanya telah menjadi tahir? Di manakah yang  sembilan orang itu? Tidak adakah di antara mereka yang kembali untuk  memuliakan Allah selain orang asing ini? Lalu Yesus berkata kepada orang  itu, "Berdirilah dan pergilah, imanmu telah menyelamatkan engkau."

       

I: Demikianlah Injil Tuhan

U: Terpujilah Kristus.


DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN
I. Berdoalah, Saudara-saudari, supaya persembahanku dan persembahanmu berkenan pada Allah, Bapa yang mahakuasa. (umat berdiri)
U. Semoga persembahan ini diterima demi kemuliaan Tuhan dan keselamatan kita serta seluruh umat Allah yang kudus.
I.  Ya Allah, kami menghadap-Mu dengan membawa persembahan roti dan  anggur ini. Semoga, Engkau berkenan menerima dan menjadikannya sebagai  sarana untuk menghadirkan karya keselamatan-Mu bagi kami dalam diri  Yesus Kristus. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
U. Amin.


DOA SESUDAH KOMUNI
I. Marilah kita berdoa:
I. Allah Bapa yang penuh kasih, kami bersyukur atas rezeki surgawi yang  telah kami terima ini. Semoga, kami selalu menyadari betapa besar  anugerah yang telah kami terima dari-Mu sehingga kami pun senantiasa  memuji-Mu dan bersyukur kepada-Mu sampai akhirnya kami kembali kepada-Mu  dalam keabadian. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
U. Amin.