Perayaan Ekaristi 22 Desember 2019

HARI MINGGU ADVENT IV

Sabtu - Minggu 21 - 22 Desember 2019


SERUAN TOBAT (Kyrie PS 339)

 

I. Saudara-saudari, marilah mengakui bahwa kita telah berdosa supaya layak merayakan peristiwa penyelamatan ini.    
   

I.  Tuhan Yesus Kristus, Engkaulah Putra Bapa yang menjelma menjadi manusia.

K. Kyrie eleison

U. Kyrie eleison

 

I. Engkaulah Putra Bunda Maria, yang terkandung berkat kuasa Roh Kudus.

K. Christe eleison

U. Christe eleison

   

I. Engkaulah tanda kehadiran Allah di tengah-tengah kami.

K. Kyrie eleison

U. Christe eleison.  

   
I. Semoga Allah yang mahakuasa mengasihani kita, mengampuni dosa kita dan mengantar kita ke hidup yang kekal.
U. Amin.

             

DOA PEMBUKA

I. Marilah kita berdoa:

(hening sejenak)

I.  Ya Allah, kami mengetahui dari kabar Malaikat bahwa Yesus Kristus,  Putra-Mu menjadi manusia. Maka kami mohon, curahkanlah rahmat-Mu ke  dalam hati kami, supaya karena sengsara dan salib-Nya, kami diantar ke  kebangkitan yang mulia. Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu,   yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa,  Allah, sepanjang segala masa.

U. Amin.


LITURGI SABDA

   


BACAAN I (Yes 7:10-14) -duduk- 


"Seorang perempuan muda akan mengandung."

     

L. Bacaan dari Kitab Yesaya: 

       

Beginilah firman Tuhan Allah kepada Ahas bin Yotam bin Azia, Raja  Yehuda, "Mintalah suatu pertanda dari Tuhan, Allahmu, entah itu sesuatu  dari dunia orang mati yang paling bawah, entah sesuatu dari tempat  tertinggi yang di atas." Tetapi, Ahas menjawab, "Aku tidak mau minta!  Aku tidak mau mencobai Tuhan!" Lalu berkatalah Nabi Yesaya, "Baiklah!  Dengarkan, hai keluarga Daud! Belum cukupkah kamu melelahkan orang  sehingga kamu melelahkan Allahku juga? Sebab itu, Tuhan sendirilah yang  akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan  muda akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia  akan menamai Dia, Immanuel."

 

L. Demikianlah Sabda Tuhan

U. Syukur kepada Allah.


MAZMUR TANGGAPAN (PS 803; Mzm 24:1-2.3-4b.5-6; Ul: 1)

Ulangan:  

Ayat Mazmur:

1. Miliklah Tuhanlah bumi dan segala isinya, jagad dan semua yang diam  di dalamnya. Sebab Dialah yang mendasarkan bumi di atas lautan, dan  menegakkannya di atas sungai-sungai.

2. Siapakah yang boleh naik ke gunung Tuhan? Siapakah yang boleh berdiri  di tempat-Nya yang kudus? Orang yang bersih tangannya dan muni hatinya,  yang tidak menyerahkan diri kepada penipuan, dan tidak bersumpah  palsu. 

3. Dialah yang akan menerima berkat dari Tuhan dan keadilan dari Allah,  penyelamatnya. Itulah angkatan orang-orang yang mencari Tuhan, yang  mencari wajah-Mu, ya Allah Yakub.           

  

BACAAN II  (Rm 1:1-7) 


"Yesus Kristus, keturunan Daud itu adalah Anak Allah."

L.  Bacaan dari Surat Rasul Paulus kepada Jemaat di Roma: 

  

Dari Paulus, hamba Kristus Yesus, yang dipanggil menjadi rasul dan  dikuduskan untuk memberitakan Injil Allah. Injil itu dahulu telah  dijanjikan-Nya dengan perantaraan para dalam kitab-kitab suci. Pokok  isinya ialah tentang Anak Allah, yang menurut daging dilahirkan dari  keturunan Daud, dan menurut Roh kekudusan dinyatakan sebagai Anak Allah  yang berkuasa oleh kebangkitan-Nya dari antara orang mati. Dia itulah  Yesus Kristus Tuhan kita. Dengan perantaraan-Nya, kami menerima kasih  karunia dan jabatan rasul untuk menuntun semua bangsa supaya mereka  percaya dan taat kepada nama-Nya. Dan kamu yang telah dipan ggil menjadi  milik Kristus, kamu pun termasuk di antara mereka. Kepada kamu semua  yang tinggal di Roma, yang dikasihi Allah, yang dipanggil dan dijadikan  orang-orang kudus: Semoga kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah,  Bapa kita, dan dari Tuhan Yesus Kristus, menyertai kamu."

L. Demikianlah Sabda Tuhan

U. Syukur kepada Allah

 

BAIT PENGANTAR INJIL (PS 955; Mat 1:23) 

Ulangan:

Ayat.  Seorang gadis akan mengandung dan melahirkan putra, nama-Nya: Immanuel, Allah beserta kita.


BACAAN INJIL (Mat 1:18-24)


"Yesus lahir dari Maria, tunangan Yesuf, anak Daud." 

I. Tuhan bersamamu

U. Dan bersama rohmu

I. Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius

U. Dimuliakanlah Tuhan.

I.  Kelahiran Yesus Kristus adalah sebagai berikut: Pada waktu itu  Maria, ibu Yesus, bertunangan dengan Yusuf, ternyata Maria mengandung  dari Roh Kudus sebelum mereka hidup sebagai suami istri. Karena Yusuf,  suaminya, seorang yang tulus hati, dan tidak mau mencemarkan nama  istrinya di muka umum, ia bermaksud menceraikannya dengan diam-diam.  Tetapi, ketika Yusuf mempertimbangkan maksud itu, malaikat Tuhan tampak  kepadanya dalam mimpi, dan berkata, "Yusuf, anak Daud, janganlah engkau  takut mengambil Maria sebagai istrimu, sebab anak yang di dalam  kandungannya adalah dari Roh Kudus. Maria akan melahirkan anak  laki-laki, dan engkau akan menamai Dia Yesus, karena Dialah yang akan  menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka. Hal itu terjadi supaya genaplah  firman Tuhan yang disampaikan oleh nabi: Sesungguhnya, anak dara itu  akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan  menamai Dia Immanuel, yang berarti: Allah menyertai kita." Sesudah  bangun dari tidurnya, Yusuf berbuat seperti yang diperintahkan malaikat  Tuhan itu kepadanya. Ia mengambil Maria sebagai istrinya.

        

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN 
I. Berdoalah, Saudara-saudari, supaya persembahanku dan persembahanmu berkenan pada Allah, Bapa yang mahakuasa.  -berdiri-
U. Semoga persembahan ini diterima demi kemuliaan Tuhan dan keselamatan kita serta seluruh umat Allah yang kudus.  
I.  Ya Tuhan, Roh-Mu telah memenuhi rahim Perawan Maria dengan kuasa.  Semoga Roh-Mu itu menguduskan persembahan yang kami letakkan di atas  altar ini. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
U. Amin.


DOA SESUDAH KOMUNI
I. Marilah kita berdoa:
I.  Ya Tuhan, berkat santapan surgawi yang telah kami terima ini,  kuatkanlah kami untuk selalu mengarahkan harapan kami pada kedatangan  Putra-Mu yang semakin mendekat. Semoga, kami mampu mempersiapkan  kedatangan Putra-Mu dalam diri kami sendiri, keluarga, dan komunitas  kami. Sebab Dialah Tuhan, Pengantara kami, kini dan sepanjang masa.
U. Amin.