Perayaan Ekaristi : 24 Juni 2019

LITURGI

HARI RAYA KELAHIRAN SANTO YOHANES PEMBAPTIS

( 24 Juni 2019 )


SERUAN TOBAT 
 I. Saudara-saudari, marilah mengakui bahwa kita telah berdosa supaya layak merayakan peristiwa penyelamatan ini :
   
 I. Tuhan Yesus Kristus, Engkau menghendaki kedatangan-Mu dirintis oleh Santo Yohanes Pembaptis dengan warta pertobatan.
 K. Tuhan, kasihanilah kami.
 U. Tuhan, kasihanilah kami.

 I. Engkau menghendaki kedatangan-Mu disampaikan oleh Santo Yohanes  Pembaptis dengan mengulang seruan nabi Yesaya: di padang gurun  ratakanlah jalan Tuhan, luruskanlah lorong-lorongnya.
 K. Kristus, kasihanilah kami.
 U. Kristus, kasihanilah kami.

 I. Engkau menghendaki kedatangan-Mu disambut oleh Santo Yohanes  Pembaptis dengan mengajak umat hidup dengan melakukan matiraga dan  berbagi berkat dengan sesama.
 K. Tuhan, kasihanilah kami.
 U. Tuhan, kasihanilah kami.

 I. Semoga Allah yang mahakuasa mengasihani kita, mengampuni dosa kita dan mengantar kita ke hidup yang kekal.
 U. Amin.


DOA PEMBUKA
 I. Marilah kita berdoa:
 Ya Allah, Engkau telah memanggil Santo Yohanes Pembaptis untuk  menyiapkan umat yang sempurna bagi Kristus, Putra-Mu. Gembirakanlah  umat-Mu dengan kelimpahan anugerah Roh, dan arahkanlah hati semua orang  beriman pada jalan keselamatan dan damai. Dengan pengantaraan Yesus  Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuah  Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa.
 U. Amin.


LITURGI SABDA

BACAAN I (Yes 49:1-6)

  "Aku akan membuat engkau menjadi terang bagi bangsa-bangsa."  

 Dengarkanlah aku, hai pulau-pulau, perhatikanlah, hai bangsa-bangsa yang  jauh! Tuhan telah memanggil aku sejak dari kandungan, telah menyebut  namaku sejak aku ada di perut ibuku. Ia telah membuat mulutku sebagai  pedang yang tajam dan membuat aku berlindung dalam naungan tangan-Nya.  Ia telah membuat aku menjadi anak panah yang runcing, dan menyembunyikan  aku dalam tabung panah-Nya. Ia berfirman kepadaku, “Engkau adalah  hamba-Ku, Israel, dan olehmu Aku akan menyatakan keagungan-Ku.” Tetapi  aku berkata, “Aku telah bersusah-susah dengan percuma, dan telah  menghabiskan kekuatanku dengan sia-sia! Namun, hakku terjamin pada  Tuhan, dan upahku pada Allahku.” Tuhan telah membentuk aku sejak dari  kandungan untuk menjadi hamba-Nya, untuk mengembalikan Yakub kepada-Nya,  dan supaya Israel dikumpulkan kepada-Nya. Maka aku dipermuliakan di  mata Tuhan, dan Allah yang menjadi kekuatanku sekarang berfirman,  “Terlalu sedikit bagimu kalau hanya menjadi hamba-Ku, untuk menegakkan  suku-suku Yakub, dan untuk mengembalikan orang-orang Israel yang masih  terpelihara. Maka Aku akan membuat engkau menjadi terang bagi  bangsa-bangsa, supaya keselamatan yang dari pada-Ku sampai ke ujung  bumi.”

 L. Demikianlah Sabda Tuhan

 U. Syukur kepada Allah.


 MAZMUR TANGGAPAN 
(PS 830; Mzm 139:1-3,13-14ab,14c-15) -duduk- 
 Ulangan:  



 Mazmur:
 

 1. Tuhan, Engkau menyelidiki dan mengenal aku; Engkau mengetahui apakah  aku duduk atau berdiri, Engkau mengerti pikiranku dari jauh. Engkau  memeriksa aku kalau aku berjalan dan berbaring, segala jalanku  Kaumaklumi.

 2. Sebab Engkaulah yang membentuk buah pinggangku, Engkaulah yang  menenun aku dalam kandungan ibuku. Aku bersyukur kepada-Mu oleh karena  misteri kejadianku, ajaiblah apa yang Kaubuat.

 3. Jiwaku benar-benar menyadarinya, tulang-tulangku tidak terlindung  bagi-Mu, ketika aku dijadikan di tempat yang tersembunyi, dan direkam di  bagian-bagian bumi yang paling bawah.      


BACAAN II (Kis 13:22-26)

"Kedatangan Yesus disiapkan oleh Yohanes."   

Pada suatu hari Sabat, di rumah ibadat di  Antiokhia Paulus berkata, “Setelah Saul disingkirkan, Allah mengangkat  Daud menjadi raja umat-Nya. Tentang Daud Allah telah menyatakan: Aku  telah mendapat Daud bin Isai, seorang yang berkenan di hati-Ku dan yang  melakukan segala kehendak-Ku. Dari keturunannyalah, sesuai dengan yang  telah dijanjikan-Nya, Allah telah membangkitkan Juruselamat bagi orang  Israel, yaitu Yesus. Menjelang kedatangan Yesus itu, Yohanes telah  menyerukan kepada seluruh bangsa Israel supaya mereka bertobat dan  memberi diri dibaptis. Dan ketika hampir selesai menunaikan tugasnya,  Yohanes berkata: Aku bukanlah Dia yang kamu sangka; tetapi Dia akan  datang kemudian daripada aku. Membuka kasut dari kaki-Nya pun aku tidak  layak. Hai saudara-saudara, baik yang termasuk keturunan Abraham, maupun  yang takut akan Allah, kabar keselamatan itu sudah disampaikan kepada  kita.”

 Demikianlah sabda Tuhan

 U. Syukur kepada Allah   

   

BAIT PENGANTAR INJIL (PS 952; Mat 16:18) 

   

BACAAN INJIL (Luk 1:57-66; 80)

 I. Tuhan bersamamu

 U. Dan bersama rohmu

 I. Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas

 U. Dimuliakanlah Tuhan.

 I. Pada waktu itu, genaplah bulannya bagi Elisabet untuk bersalin, dan  ia melahirkan seorang anak laki-laki. Ketika para tetangga serta sanak  saudaranya mendengar bahwa Tuhan telah menunjukkan rahmat-Nya yang  begitu besar kepada Elisabet, bersukacitalah mereka bersama-sama dengan  dia. Maka datanglah mereka pada hari yang kedelapan untuk menyunatkan  anak itu, dan mereka hendak menamai dia Zakharia menurut nama bapanya.  Tetapi Elisabet ibunya, berkata, “Jangan, ia harus dinamai Yohanes.”  Kata mereka kepadanya, “Tidak ada di antara sanak saudaramu yang bernama  demikian.” Lalu mereka memberi isyarat kepada Zakharia untuk bertanya  nama apa yang hendak ia berikan kepada anaknya itu. Zakharia meminta  batu tulis, lalu menuliskan kata-kata ini, “Namanya adalah Yohanes.” Dan  mereka pun heran semuanya. Seketika itu juga terbukalah mulut Zakharia  dan terlepaslah lidahnya, lalu ia berkata-kata dan memuji Allah. Maka  ketakutanlah semua orang yang tinggal di sekitarnya, dan segala  peristiwa itu menjadi buah tutur di seluruh pegunungan Yudea. Semua yang  mendengarnya, merenungkannya, dan berkata, “Menjadi apakah anak ini  nanti?” Sebab tangan Tuhan menyertai dia. Anak itu bertambah besar dan  makin kuat rohnya. Ia kemudian tinggal di padang gurun sampai tiba  harinya ia harus menampakkan diri kepada Israel.

 I: Demikianlah Injil Tuhan

 U: Terpujilah Kristus.


DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN 

 I. Berdoalah, Saudara-saudari, supaya persembahanku dan persembahanmu berkenan pada Allah, Bapa yang mahakuasa.
 U. Semoga persembahan ini diterima demi kemuliaan Tuhan dan keselamatan kita serta seluruh umat Allah yang kudus.
 I.  Ya Allah, terimalah persembahan yang kami kumpulkan di altar-Mu pada  perayaan kelahiran Yohanes, perintis yang patut kami hormati. Dialah  yang mewartakan Juru Selamat dunia, sebelum Ia datang dan  memperlihatkan-Nya ketika Ia sudah datang, yakni Tuhan kami, Yesus  Kristus, yang hidup dan berkuasa, sepanjang segala masa.
 U. Amin.


DOA SESUDAH KOMUNI

 I. Marilah kita berdoa:
 I. Ya Allah, Engkau telah menyegarkan kami dengan perjamuan Anakdomba  Allah. Kami mohon, semoga Gereja-Mu, yang bersukacita pada kelahiran  Santo Yohanes Pembaptis, mengakui Kristus yang sudah diwartakan  kedatangan-Nya oleh Yohanes sebagai Pembawa kelahiran yang baru. Dengan  pengantaraan Kristus, Tuhan kami, yang hidup dan berkuasa sepanjang  segala masa.
 U. Amin.