PROTOKOL MISA DENGAN ADAPTASI KEBIASAAN BARU

PROTOKOL MISA DENGAN ADAPTASI KEBIASAAN BARU

Tim Fokus Pastoral Keuskupan Bandung, bekerja sama dengan Tim Pastoral Care Covid-19 Keuskupan Bandung menyelenggarakan Webinar dengan tema Protokol Misa dengan Adaptasi Kebiasaan Baru, 20 Juni 2020. Hadir sebagai narasumber R.D. Agustinus Darwanto, Ketua Tim Pastoral Care. Dengan menggunakan aplikasi Zoom, Rm. Darwanto berbagi informasi dan arahan terkait bagaimana protokol misa yang baru.

Dalam paparannya, Rm. Darwanto menyampaikan situasi Covid-19 terkini yang masih menunjukkan kondisi belum stabil, termasuk jenis-jenis level kondisi wilayah terkait penyebaran Covid-19 yang memengaruhi protokol kesehatan dengan adaptasi kebiasaan baru. Selain itu, disampaikan pula Surat Edaran Nomor SE. 15 Tahun 2020 tentang Panduan Penyelenggaraan Kegiatan di Rumah Ibadah dalam Mewujudkan Masyarakat Produktif dan Aman Covid di Masa Pandemi. Surat edaran ini turut mengatur jumlah jemaat yang boleh hadir, persiapan-persiapan yang mesti dilakukan pengurus dan jemaat.

Sementara itu, dalam lingkup protokol ekaristi, dibagi menjadi 3 tahapan, yakni sebelum perayaan ekaristi, saat perayaan ekaristi, dan sesudah perayaan ekaristi. Dalam tahapan sebelum perayaan ekaristi dan selama perayaan, petugas yang sehat dan tidak terkontaminasi Covid-19, penyesuaian jumlah petugas dan jadwal misa, pembatasan umat yang hadir, kewajiban penggunaan masker dan jaga jarak, hingga jarak parkir antar kendaraan menjadi beberapa contoh adaptasi kebiasaan baru yang diterapkan.

Ketika selesai perayaan ekaristi, umat diharapkan segera pulang karena seluruh area akan disemprot dengan cairan disinfektan. Selain itu, umat tetap diharapkan menggunakna masker dan tidak berkerumun (segera meninggalkan area). Dalam paparannya, Rm. Darwanto menayangkan video tentang Perayaan Ekaristi yang Aman dan Nyaman dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru (dapat diakses di https://www.youtube.com/watch?v=iD2bAs3X4g8).

Sebagai penutup, Rm. Darwanto mengajak seluruh umat untuk mampu dan mau beradaptasi dengan kebiasaan baru serta menjaga Gereja agar tidak menjadi kluster baru Covid-19. Adapun umat diajak untuk siap diatur dan setia pada 3 keutamaan di masa pandemi, yakni pakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan pakai sabun (menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat).

***bobby


Link Video Tatacara Misa pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru:

Tatacara Misa pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru