DKP

 

Ecclesiana

Jadilah Pembela Kehidupan, Lawanlah Penyalahgunaan Narkoba!

Dalam rangka memperingati HUT ke-14 Yayasan Sekar Mawar bekerjasama dengan Komisi Keadilan dan Perdamaian Keuskupan Bandung ingin berkontribusi dengan memberikan sosialisasi kepada masyarakat, dalam hal ini para aktifis dan penggerak Paroki se-Keuskupan Bandung. Melalui acara ini diharapkan semakin banyak orang yang paham dan sadar akan bahaya narkoba serta dapat ikut serta terlibat dalam usaha-usaha penanggulangannya.

Selengkapnya

Dialog Kemanusiaan dan Buka Bersama Ibu Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid

Dialog Kemanusiaan bersama Ibu Hj. Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid diselenggarakan dalam acara buka bersama pada tanggal 16 Juli 2013 di Halaman SD St. Yusup - Jalan Jawa Bandung. Acara ini merupakan program rutin yang dilakukan oleh Ibu Sinta Nuriyah bersama jejaring aktivis kemanusiaan dan lintas SARA. Hadir lebih dari 500 undangan, dari para pengamen, anak jalanan, pedagang kaki lima, tukang parkir, penjaga rel kereta api, satpam, gelandangan, para aktivis sosial, aktivis gereja, aktivis dari berbagai agama, dan aparat setempat.

Selengkapnya

Paskah spesial bagi anak-anak spesial

Sejumlah anak-anak spesial merasa bersuka ria berkumpul dan bermain bersama di halaman Seminari Tinggi Fermentum sore itu. Nampak wajah-wajah yang polos dan bergairah ketika mereka mencari dan menemukan telor-telor di antara semak-semak. Sebuah permainan sederhana tetapi menjadi bernilai ketika bersama-sama. Suatu kegembiaraan yang tak mungkin bisa dinilai oleh orang lain.

Selengkapnya

Animasi Penggerak Sosial Paroki-paroki Wilayah Sarimawartoba

PANGGILAN DAN KETERLIBATAN UMAT DALAM MEMBANGUN SOLIDARITAS SOSIAL              Team Fokus Tahun Pastoral 2013 Solidaritas sosial pada hari Minggu [14/4] menyelenggarakan seminar sehari bertempat di kampus sekolahan Talenta Taman Kopo Indah III Bandung. Seminar yang dimulai pukul 08.00 hingga 15.00 itu dihadiri oleh para Ketua Lingkungan dan sie PSE wilayah SARIWARTOBA. Hadir sebagai narasumber Pastor Andang Binangun dari Vikep Karya Kategorial KAJ  dengan tajuk  Panggilan dan Keterlibatan Umat dalam Membangun Solidaritas Sosial.

Selengkapnya

Penerimaan Komuni Pertama Anak & Remaja Berkebutuhan Khusus

 ''Biarkanlah Anak-anak itu Datang KepadaNya'' Gereja St. Gabriel, Sumbersari, 12 Maret 2013   Sejumlah 17 anak & remaja berkebutuhan khusus (autis, DS, CP, dll) nampak ceria sore itu. Dengan mengenakan pakaian putih-putih mereka dihantarkan para orang tua dan sanak saudara mengikuti penerimaan komuni pertama di Gereja St. Gabriel. Misa dan penerimaan komuni pertama berlangsung hikmat dan lancar. Seusai misa dilanjutkan dengan foto keluarga dan ramah tamah. 

Selengkapnya

Misa dan Perayaan Natal Anak-anak Berkebutuhan Khusus (ABK)

Komisi Keadilan dan Perdamaian Keuskupan Bandung bersama Komunitas Percik Insani menyelenggarakan Misa dan Perayaan Natal bagi Anak-anak Berkebutuhan Khusus. Acara ini yang diselenggarakan pada tanggal 6 Januari 2013 di Gereja St. Gabriel - Gandarusa mengambil tema ''Biarkanlah Kanak-kanak itu Datang KepadaKu''.

Selengkapnya

Temu KKP - JPIC Regio Jawa

Pertemuan Komisi Keadilan dan Perdamaian (KKP) & Justice, Peace, and Integration of Creation (JPIC) seregio Jawa diselenggarakan di Wisma SOS Kinderdorf Lembang pada tanggal 20-22 Juli 2012. Hadir perwakilan dari KKP dan JPIC beberapa keuskupan, seperti Jakarta, Bogor, Bandung, Purwokerto, Semarang, Malang dan Surabaya. Pertemuan kali ini dijadikan sebagai studi bersama tentang human trafficking dan tentang ekopastoral. Topik tentang human trafficking, wisata seks, dan kerja paksa dibawakan oleh Rm. Piet Go, O.Carm dengan mengacu dokumen gereja yang belum lama diterbitkan oleh Vatikan. Topik mengenai ekopastoral disampaikan oleh Rm. Koko, Pr (Sekretaris Eksekutif KKP PMP KWI).

Selengkapnya

Dialog Kemanusiaan dalam Buka dan Sahur Bersama

Komisi Keadilan dan Perdamaian Keuskupan Bandung, Kubca Samakta, Puan Amal Hayati, YPLAB Lembang, SOS Kinderdorf, Panti Asuhan Al Muhyidin, SLB Bina Anugerah, Bilik Bandung, bersama-sama mengusung dialog kemanusiaan. Sekitar 450 orang hadir dalam dialog bersama ibu Shinta Nuriyah Abdurrahman Wahid, memenuhi ruangan aula SOS Kinderdorf Lembang pada tanggal 23 Juli 2012. Acara berlangsung hikmat dan semarak dengan beberapa penampilan dari para yatim piatu dan disabilitas. Hadir pula para disabilitas dengan keluarganya, para pendamping, perwakilan dari pemerintah, perwakilan lembaga agama, jaringan kerja lintas agama, jaringan kemanusiaan, dan warga sekitar. Keesokan harinya dilanjutkan dialog bersama, bertempat di halaman Gereja Salib Suci Kamuning, 24 Juli 2012.

Selengkapnya

MoU Pengurangan Risiko Bencana di Lembaga Pemasyarakatan

Hari Jumat, 4 Mei 2012, Direktur Caritas Bandung, Pastor Agustinus Darwanto, Pr bertempat di Kantor Wilayah Hukum dan HAM (KANWIL HUKHAM) Jawa Barat, Jl. Jakarja no. 27 menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau Nota Kesepahaman dengan Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS) Wanita Klas IIA Bandung bersama Fakultas Hukum Universitas Katolik Parahyangan (FH Unpar) dan Sekolah Hijau. Pada kesempatan itu juga Mentri Hukum dan HAM Republik Indonesia, Amir Syamsuddin, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Gubernur Jawa Barat,  dan Kakanwil Hukum dan HAM ikut menyaksikan penandatanganan MoU tersebut sebelum meresmikan Ruang Pamer dan hasil karya Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di kompleks Kanwil Huk-HAM Jawa Barat.

Selengkapnya

Sebelas Kecamatan di Kabupaten Bandung Rawan Longsor

Ada 11 wilayah kecamatan di Kabupaten Bandung yang dinyatakan sebagai daerah yang memiliki potensi bencana tanah longsor atau pergerakan tanah. Ke-11 kecamatan tersebut adalah Kecamatan Cimenyan, Cilengkrang, Cicalengka, Nagreg, Ibun, Kertasari, Arjasari, Pasirjambu, Ciwidey, Rancabali dan Kecamatan Kutawaringin.

Selengkapnya