Ecclesiana

 

NATALAN BERSAMA KARYAWAN KEUSKUPAN BANDUNG

Mengawali karya pelayanan di tahun 2017 sekaligus mengucap syukur atas karya pelayanan di tahun 2016 karyawan keuskupan yang bertugas di GKP (Jl. Jawa 6), Keuskupan (Jl. Jawa 26), dan Komsos (Jl. Bogor 10), bersama Dewan Kuria Keuskupan mengadakan kegiatan kebersamaan yang dikemas dalam acara natalan bersama pada Jumat, 6 Januari 2017 yang berlangsung dari Pk.10.00 - Pk. 14.00.

Jalannya Acara

Natalan bersama diawali dengan Ekaristi syukur yang dipimpin oleh Mgr. Antonius Subianto Bunjamin, OSC. Dalam homilinya Bapa Uskup menyampaikan bahwa Yesus menjadi anak terkasih yang berkenan kepada Allah karena dua tindakkan dalam hidupnya, yaitu tindakkan formatif (menata diri) dan tindakkan askesis (menahan diri). Selanjutnya Bapa Uskup mengingatkan, kita dipanggil menjadi anak terkasih dimanapun kita berada. Dalam keluarga kita diundang menjadi anak terkasih dalam keluarga dengan menjadi berkat bagi keluarga. Secara sosial, kita diajak menjadi anak terkasih dalam lingkungan pekerjaan dengan bekerja penuh dedikasi dalam tugas dan tanggung jawab yang dipercayakan dan mau bergaul dengan tetangga. Secara spiritual kita didorong menjadi anak terkasih yang mengalami pertobatan dan belas kasih Allah karena juga mau dan mampu berbelas kasih kepada sesama yang bersengsara. Secara eklesial kita diundang menjadi anak terkasih dengan mau dan mampu mewujudkan tugas perutusan sesuai dengan janji baptis. Aktif dan proaktif dalam pelayanan gereja sebagai ungkapan iman akan Allah yang berbelas kasih. Menutup homilinya Bapa Uskup menyampaikan: ''Masa depan di tahun 2017 akan lebih cerah kalau kita tekun melakukan tindakan formatif dan tindakan askesis. Apa yang perlu kita tahan di tahun yang akan mendatang ini supaya kita menjadi anak terkasih? Kita harus menahan diri dari berbagai macam godaan. Apa yang harus kita tata? Diri kita, supaya sesuai kehendak Allah, rencana dan cita-cita di tahun 2017 ini. Dengan dua tindakan formatif dan askesis ini harapan besar 2017 akan menjadi tahun yang lebih baik akan menjadi tahun penuh harapan.''


Setelah Ekaristi syukur acara dilanjutkan dengan dialog antara karyawan dengan Dewan Kuria Keuskupan yang terdiri dari Mgr. Antonius Subianto Bunjamin OSC (Uskup Bandung), P. Yustinus Hilman Pujiatmoko Pr. (Vikjend) P. Ignatius Eddy Putranto OSC (Sekretaris), dan P. Antonius Sulastijana Pr. (Ekonom). Mengawali dialog, Rm. Eddy mengingatkan bahwa para karyawan harus terus mengupayakan kedisiplinan, keefektifan dalam bekerja, serta pencapaian dalam menyelesaikan tugas-tugas dengan baik. Apabila ketiga hal tersebut sungguh dilakukan tentunya keuskupan akan memberi apresiasi yang tinggi. Mengevaluasi perjalanan karya di tahun 2016 Bp. Salomo menyampaikan beberapa hal yang harus diperhatikan dan ditinjau lagi yaitu mengenai komunikasi dan koordinasi antara komisi-komisi dengan dewan inti Dewan Karya Pastoral, serta mengusulkan agar komposisi keanggotaan dewan inti Dewan Karya Pastoral yang sebaiknya diambil dari ketua-ketua komisi. Dalam kesempatan dialog ini beberapa karyawan juga menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada keuskupan yang telah memberi banyak bantuan dan kemudahan dalam meningkatkan kesejahteraan hidup keluarga mereka. Hal ini menjadi tanda bahwa keuskupan selalu memperhatikan kesejahteraan karyawan dan keluarganya.

Sebelum mengakhiri rangkaian acara natalan bersama keuskupan memberikan penghargaan bagi karyawan atas kesetiaannya berkarya sebagai karyawan keuskupan. Apresiasi secara khusus diberikan kepada Bp. Bernad dan Bp. Rahmat Hidayat yang telah berkarya selama 15 tahun, serta Bp. Budhi yang telah berkarya selama 25 tahun. Penghargaan secara langsung diberikan oleh Mgr. Antonius Subianto Bunjamin OSC.

Acara natalan bersama ditutup dengan makan siang bersama. Acara natalan ini merupakan kesempatan berharga bagi para karyawan karena karyawan yang terbagi di tiga tempat (GKP-Jl. Jawa 6, Keuskupan-Jl. Jawa 26, dan Komsos-Jl. Bogor 10) dan beserta Dewan Kuria Keuskupan dapat saling berjumpa, membangun kehangatan, kekeluargaan, serta menimba semangat untuk setia berkarya bagi keuskupan. Selamat berkarya di tahun 2017.


Galeri Foto

Ekaristi Syukur Natalan Bersama Karyawan Keuskupan
Homili Mgr. Antonius Subianto Bunjamin, OSC dalam Ekaristi Natalan Bersama Karyawan Keuskupan
Dialog Karya bersama Dewan Kuria
Pemberian Apresiasi Kepada Bp. Budhi, Bp. Bernard, dan Bp. Rahmat Hidayat
Dialog Bersama Dewan Kuria
Doa Penutup Natalan Bersama
Doorprize Utama Diserahkan oleh Mgr. Antonius Subianto Bunjamin, OSC
Homili Mgr. Antonius Subianto Bunjamin, OSC
Makan Siang Bersama, Menutup Kebersamaan Natalan
Mas Tyas Menerima Doorprize
Merayakan Ekaristi dengan Khidmat
Bahagianya dapat doorprize. . . .
Rm. Eddy Memberi Wejangan kepada Karyawan
Suasanan Ekaristi Natalan Bersama
Semua Mendapat Doorprize
Penerima Doorprize Utama