Bahan Pertemuan APP Tahun 2022

Tema Aksi Puasa Pembangunan (APP) kita tahun ini (2022) adalah “Memulihkan Kehidupan”, dengan ajakan “Bumi Sehat – Manusia Sejahtera”. Tema ini dipilih dengan dua pertimbangan: pertama, pandemi covid-19 yang terjadi telah membawa dampak luar biasa dalam berbagai bidang kehidupan karena itu perlu pemulihan segera, terpadu, global dan inklusif; kedua, pemulihan yang dilakukan bukan hanya untuk saat ini tetapi juga perlu membangun kehidupan masa depan yang lebih sehat, lebih sejahtera dan adil serta regeneratif. Paus Fransiskus mengajak umat beriman menghadapi dan mengatasi pandemi ini dengan melakukannya dalam terang Injil, keutamaan-keutamaan iman dan prinsip-prinsip ajaran sosial Gereja. Kita semua dipanggil oleh Yesus untuk terus mewujudkan karya-Nya, yakni karya penyembuhan dan penyelamatan baik secara fisik, sosial maupun spiritual. Pemulihan dari pandemi merupakan tanggung jawab bersama yang melibatkan semua pihak dan semua orang untuk melakukannya.

Kita semua sekarang sedang menghadapi tantangan lanjutan dari pandemi covid-19 dengan maraknya varian omicron. Dengan bahan refleksi yang telah disusun ini kita diajak bersama untuk memulihkan kehidupan dari ancaman pandemi yang bertubi-tubi. Kita belum ada dalam situasi normal tetapi kita terus berusaha bersama-sama memulihkan kehidupan bersama kita. Semoga melalui permenungan masa prapaskah ini, kita tetap penuh harapan karena Allah senantiasa menyertai kita.

Bahan refleksi APP 2022 terdiri dari 4 bahan (untuk 4 kali pertemuan) yang diimplementasikan dalam kategori usia: anak, remaja, Orang muda (OMK), dan dewasa (lingkungan/ keluarga/ komunitas kategorial). Bidang Liturgi dan Bidang Pewartaan bekerjasama dengan Komisi Kepemudaan dan Komisi PSE (Biro APP) menyusun dan mendistribusikan bahan ke paroki-paroki. Semoga bahan ini berguna dan membantu umat untuk mengadakan pertemuan refleksi bersama baik secara langsung (offline) atau daring (online) menurut pertimbangan situasi masing-masing. Semoga kita makin bertumbuh memulihkan kehidupan dalam kebaikan bersama. Selamat ber-APP!

R D. V. Dwi Sumarno


Poster APP: Poster APP - 2022

Leaflet APP: Leaflet APP - 2022

File Sosialisasi APP: AKSI PUASA PEMBANGUNAN 2022®️.pptx


Berikut ini bahan pertemuan APP 2022


Bahan Pertemuan APP Dewasa

Bahan Sosialisasi : Materi Sosialisasi Bahan Dewasa.pdf

Bahan Pertemuan : APP 2022 - Bahan Dewasa.pdf


Bahan Pertemuan APP Orang Muda Katolik

Bahan Pertemuan : APP 2022 - Bahan OMK.pdf



Bahan Pertemuan APP Remaja

Bahan Pertemuan : APP 2022 - Bahan Remaja.pdf



Bahan Pertemuan APP SD Kelas 4-6

Bahan Pertemuan : APP 2022 - Bahan Anak SD 4 - 6.pdf



Bahan Pertemuan APP TK - SD Kelas 3

Bahan Pertemuan : APP 2022 - Bahan Anak TK - SD 3.pdf