Bahan Pertemuan APP Tahun 2023

Tema Aksi Puasa Pembangunan 2023 adalah “Keadilan Ekologis Bagi Seluruh Ciptaan: Semakin Mengasihi dan Lebih Peduli.” Keadilan harus diwujudkan secara menyeluruh terhadap sesama dan seluruh ciptaan (linkungan hidup manusia). Kita sebagai Gereja dipanggil dan diutus untuk menjadi saksi, pewarta dan pelaku keadilan dalam hidup sosial dengan memegang prinsip Ajaran Sosial Gereja; menghormati martabat manusia, membangun kesejahteraan bersama dalam kebaikan (bonum communae), memiliki sikap solidaritas dan subsidiaritas terutama keperpihakan kepada mereka yang miskin dan rentan mendapatkan perlakuan tidak adil.

Kenyataannya, kita sedang dihadapkan pada berbagai macam tantangan krisis global antara lain berkaitan dengan krisis ekonomi, iklim, dan krisis ekologi lainnya. Berbagai macam krisis yang ada berkaitan dengan kemerosotan nilai- nilai iman dan moral dari manusia dari masa ke masa. Kita memiliki panggilan untuk bergerak maju tidak hanya jadi penonton tetapi pelaku perubahan, tidak hanya jadi pembawa pesan tetapi menjadi aktor pembawa harapan akan perbaikan. Yang dibutuhkan dari kita adalah kesadaran terus menerus bahwa kita membutuhkan Kerjasama dan kerja bersama-sama yang integral dalam mengatasi krisis global. Mungkin tidak harus dengan pekerjaan besar tetapi sekalipun hanya dengan tindakan sederhana dan kecil yang penting membawa dampak perubahan dan perbaikan itulah tujuannya. Perubahan harus dilakukan tahap demi tahap dan konsistensi dan dipelihara dalam semangat yang tak pernah padam. Hidup manusia dinamis dan terus mengalami perubahan maka dibutuhkan kesetiaan dan pengorbanan. Iman mampu memberikan kita visi yang utuh tentang makna rantai kehidupan yang saling terkait satu sama lain. Kita memiliki panggilan menjadi bagian dari rantai kehidupan yang memberi dampak kebaikan dan bukan pengrusakan.

Sikap yang harus terus dibangun adalah kasih dan kepeduli- an. Orang yang memiliki kasih tentu memiliki kemampuan untuk menghormati yang lain, menjalin relasi dalam kebaik- an, dan memelihara kehidupan menurut kehendan Tuhan. Sikap tanggap dan peduli adalah nilai yang harus dipupuk dan dibangun terus menerus. Sikap ini mengiringi semangat kasih untuk mewujudkan keadilan ekologis bagi seluruh ciptaan. Semoga pertemuan reflektif selama masa prapaskah membe- rikan insight dan pendorong bagi kita untuk bersaksi dan beraksi dalam membangun keadilan ekologis bagis seluruh ciptaan di lingkungan hidup kita masing-masing. Selamat ber- APP, Tuhan memberkati.

Peringatan Santo Antonius Abas 17 Januari 2023

R.D. Vincentius Dwi Sumarno


Berikut ini bahan pertemuan APP 2023


Poster APP: POSTER-APP2023.jpg

Leaflet APP: 

File Sosialisasi Bahan APP: Bahan Sosialisasi APP 2023

Video Sosialisasi Bahan APP: Video Sosialisasi Bahan APP

Kerangka Dasar APP Nasional: KERANGKA DASAR APP 2023-2025.pdf

Video Bahan APP Anak: Video Bahan APP - Anak

Buku Ibadat Jalan Salib: Buku Ibadat Jalan Salib 2023.pdf

Ibadat Tuguran (Vigili) Kamis Putih: IBADAT TUGURAN - 2023.pdf


Bahan Pertemuan APP Dewasa

Bahan Pertemuan : 2023 APP - Bahan Dewasa.pdf


Bahan Pertemuan APP Orang Muda Katolik

Bahan Pertemuan : 2023 APP - Bahan OMK.pdf


Bahan Pertemuan APP Remaja

Bahan Pertemuan : 2023 APP - Bahan Remaja.pdf


Bahan Pertemuan APP SD Kelas 4-6

Bahan Pertemuan : 2023 APP - Bahan Anak SD 4 - 6.pdf


Bahan Pertemuan APP TK - SD Kelas 3

Bahan Pertemuan : 2023 APP - Bahan Anak TK - SD 3.pdf