DESIGN THINKING UNTUK KAUM MUDA

Tanggal 15 Februari 2020, sebanyak 22 orang kaum muda Keuskupan Bandung berdinamika dalam kegiatan Hari Studi Kaum Muda Keuskupan Bandung dengan bidang Edupreneur. Hadir sebagai narasumber, Tim Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Universitas Katolik Parahyangan, yang terdiri dari Maria Widyarini, Fiona Ekaristi Putri, Tutik Rachmawati, dan Timothy Andrianus. Narasumber mengajak peserta untuk mengenal design thinking, suatu pendekatan untuk memvalidasi produk berdasarkan kebutuhan pengguna dan teknologi. Adapun kebutuhan design thinking terkait dengan penurunan resiko proses, membantu organisasi dalam belajar, dan membentuk solusi inovatif.

Dengan metode yang partisipatif, peserta diajak untuk berdinamika dalam kelompok guna mengalami proses design thinking, yang terdiri dari penggalian empati, define (mencari akar masalah), ideate (merumuskan solusi dari akar masalah), menjalankan salah satu ide yang muncul (prototype), test, dan implementasi. Selama hampir 3 jam berdinamika, peserta saling berbagi ide, inspirasi, dan saling menguatkan dalam suasana yang santai namun tetap fokus pada arahan narasumber.

Sebagai bagian dari Seri Edukasi Kaum Muda Keuskupan Bandung, Hari Studi Edupreneur akan kembali diselenggarakan di bulan April dan terbuka untuk para kaum muda Keuskupan Bandung.

-bobby-