foto: Yunanto

Jangan Menolak Menjadi Pastor

“Bagi anak-anak dan orang muda, apapun profesi yang sudah Anda pilih nanti, jika Tuhan memanggilmu, jangan pernah menolak untuk menjadi pastor,” demikian salah satu ungkapan homili RP Gratianus Harimaipen, OSC, atau akrab dipanggil Pastor Bobby, Pastor paroki St. Odilia, dalam Misa Paskah Anak dan Aksi Panggilan (7/5).

Misa Paskah dan Minggu Panggilan dihadiri sekitar 600 anak dari 15 wilayah paroki Santa Odilia yang di antaranya, sekitar 30 anak berpakaian layaknya pastor, biarawan dan biarawati. Misa dilayani pula oleh anak-anak sebagai petugas dan paduan suara dari SD Santo Yusuf I.

Frater Yandis dari Fermentum ditunjuk untuk mensharingkan pengalaman panggilannya, yaitu tentang pengalaman jatuh bangun untuk menghidupi panggilannya sejak ia remaja.

Setelah selesai Misa, kelompok anak-anak ini dibagi tiga kelompok. Kelompok pertama, anak-anak yang bekum terima komuni ditempatkan di aula SD Santo Yusuf I untuk menghias dan mencari telur Paskah. Kelompok dua dan tiga yang telah komuni, laki-laki didampingi para frater dengan aksi panggilannya di aula Panti Wreda Nazareth, sedangkan kelompok perempuan didampingi para suster, ditempatkan di biara CB.

Atik Catur Siwi, ketua panita dan koordinator Seksi Panggilan menyampaikan kegiatan ini berlangsung dengan baik melalui persiapan tiga pekan dengan melibatkan seksi Misdinar, Bina Iman Anak dan Bina Iman Remaja. “Saya mengapresiasi usaha para orangtua untuk “mendandani” anak-anak agar berpakaian layaknya biarawan-biarawati. Kegiatan ini tidak hanya pada selebrasi saja, namun ada kegiatan tindak lanjutnya. Para peserta yang sungguh berminat akan didampingi dan melibatkan pula para biarawan dan biarawati,” demikian ungkapnya.***


Edy Suryatno