Menjadi Pelopor Pendampingan Keluarga Muda

Seksi Keluarga Paroki Santa Odilia menyelenggarakan kegiatan Meet & Greet Membangun Iman Katolik Bersama Keluarga bagi Keluarga Muda (Keluda), bertempat di kompleks SMP Santo Yusup - SMA Santa Maria 2, Sulaksana, Bandung (4/6). Keluda merupakan keluarga dengan usia pernikahan 0 s/d 10 tahun.

Kegiatan diawali perayaan ekaristi dengan selebran RP Agustinus Sugiharto, OSC. Dalam homilinya, Pastor Agus, demikian sapaan akrabnya menyampaikan, “Jika kita ingin mengenal Tritunggal Mahakudus, lihatlah keluarga kita! Kita berharap relasi dalam keluarga kita seperti Bapa, Putera dan Roh Kudus. Ada yang menjiwai: Roh Kudus, ada yang menggerakkan: Yesus dan ada yang dimuliakan: Bapa. Kita ungkapkan relasi itu dengan kasih di setiap nafas hidup kita. Hendaknya para keluda sadar untuk terus bertumbuh dan menjadi berkat bagi sesama.”

Dalam sambutannnya, Damianus Djumma, ketua Seksi Keluarga berharap agar para peserta yang hadir menjadi pelopor dalam kegiatan pendampingan keluarga muda. Koordinator Keluarga Muda, Pasangan Suami Isteri (Pasutri) Cornelia Farmawati dan Paulus Raharjo Sinarto menyampaikan, “Semoga dengan acara ini, kita semakin terhubung satu sama lain. Untuk itu, kita mengusahakan cara-cara yang inovatif dan kreatif dalam kehidupan kita sehari-hari. Bersama-sama kita bangun komunitas yang solid dan membangun iman yang kokoh dalam kehidupan sehari-hari.”

Setelah Misa, para pasutri mengikuti talkshow dan sharing dengan narasumber pasustri Christine dan Chandra Irawan, dari Komisi Keluarga Keuskupan Bandung. Spritualitas Perkawinan Katolik dan Membangun Iman Anak menjadi tema talkshow bagi para pasutri. Sementara itu, anak-anak didampingi oleh Tim Bina Iman Anak (BIA) Paroki Santa Odilia, Bandung di ruangan lain.

Persembahan kasih dari anak-anak yang dilanjutkan permainan bersama antara orangtua dan anak membuat suasana menjadi hangat dan mengakrabkan. Jelang penutup kegiatan, panitia membagikan hadiah untuk keluarga, pasutri dan anak dalam beberapa kategori. Sebanyak sebelas keluda hadir untuk merintis pendampingan keluarga muda di Paroki Santa Odilia. ***

Edy Suryatno