Pemuda Katolik se-Keuskupan Bandung Sambangi Komisi Kerawam Keuskupan Bandung

Pemuda Katolik yang bernaung di Keuskupan Bandung menggelar silaturahmi dengan menyambangi Komisi Kerasulan Awam (Kerawam) Keuskupan Bandung di Ruang Yusuf, Gedung Bumi Silih Asih, Jalan Moch. Ramdan, Kota Bandung, Jawa Barat. Kunjungan  merupakan rangkaian Rapat Koordinasi bersama hirarki gereja guna menyampaikan progres organisasi dalam menyongsong Musyawarah Komisariat Daerah (Muskomda) ke-XVII yang akan digelar di Kota Bandung. Kegiatan ini juga memperkenalkan cabang Pemuda Katolik yang bernaung di Keuskupan Bandung yang meliputi Kota Bandung, Kota Cimahi, Kab. Bandung, Kab. Bandung Barat, Kota Cirebon, Kab. Kuningan dan Kab. Cirebon.

Rombongan yang dipimpin langsung oleh Ketua Pemuda Katolik Komisariat Daerah Jawa Barat (Komda Jabar), Edi Silaban menyampaikan bahwa kunjungan tersebut bukanlah yang pertama kalinya. Namun, hubungan kemitraan organisasi Pemuda Katolik dengan hirarki Keuskupan Bandung sudah terjalin sejak 2019 lalu. "Hubungan kemitraan ini sudah terjalin saat kolaborasi bersama dalam gelaran diskusi kepemiluan di masa pandemi 2020 lalu. Kami bersama rombongan menghaturkan terima kasih atas hubungan kemitraan yang baik dan semoga terus berjalan di masa-masa yang akan datang" ucap Edi, (11/08).

Sebelumnya, pengurus Komda Jabar sudah melaksanakan koordinasi bersama para pastor moderator yaitu Romo Adrianus Suyadi SJ dari Keuskupan Agung Jakarta dan Romo Dionysius Adi Tejo dari Keuskupan Bogor. Edi menutur dengan adanya pertemuan yang intens merupakan bentuk keseriusan serta komitmen organisasi agar bertumbuh dan berkembang bersama sebagai "gereja muda" dalam melaksanakan tugas-tugas kemasyarakatan.

Ketua Komisi Kerawam (Kerasulan Awam) Keuskupan Bandung, Pastor Aloysius Wahyu Endro Suseno menyambut baik kehadiran organisasi Pemuda Katolik. "Organisasi Katolik seperti Pemuda Katolik, PMKRI, Vox Point, WKRI dan ISKA merupakan mitra Kerawam. Maka sinergi ini sangat baik adanya. Pemuda Katolik sebagai organisasi pemuda baik menampilkan citra Katolik di lingkup sosial masyarakat" ungkap Romo Aloy. 

Romo Aloy menuturkan agenda-agenda besar kedepan tentu membutuhkan banyak energi. "Tahun ini Keuskupan Bandung sedang berfokus menjalin jaringan, tahun 2023 kita bersama-sama mempersiapkan fokus pastoral yang bertema Hidup Berbangsa" tutupnya.

Acara diawali dengan paparan progres organisasi dan di tutup dengan kegiatan ramah tamah. Dalam perjumpaan turut dihadiri para perwakilan kader Pemuda Katolik yaitu Alexander J. Ricky (Ketua Komcab Kota Bandung), Sugianto (Ketua Komcab Kota Cirebon) dan Alfredo Martin (Ketua OC Muskomda Jabar). Hadir juga perwakilan kader diantaranya Ignatius Bintang (Seskomcab Kota Cimahi), Marcella Puspita (Komcab Kab. Bandung Barat), dan Apolinaris Jan Adetya (Komcab Kab. Bandung).