Perayaan Ekaristi : 07 Juli 2019

LITURGI


HARI MINGGU BIASA XIV


( 07 Juli 2019 )


SERUAN TOBAT PS 347 

I. Saudara-saudari, marilah mengakui bahwa kita telah berdosa supaya layak merayakan peristiwa penyelamatan ini.

 

I. Tuhan Yesus Kristus, Engkau memanggil para murid untuk mengikuti Engkau secara konsekuen serta meninggalkan segala-galanya.

K. Tuhan, kasihanilah kami.

U. Tuhan, kasihanilah kami.

I. Engkaulah kekuatan kami yang mampu mengalahkan dosa.

K. Kristus, kasihanilah kami.

U. Kristus, kasihanilah kami.

I. Engkau telah mengajukan syarat-syarat bagi para pengikut-Mu, yaitu  melepaskan segala kemauan sendiri, dan maju tanpa menoleh ke belakang.

K. Tuhan, kasihanilah kami.

U. Tuhan, kasihanilah kami.

   

I. Semoga Allah yang mahakuasa mengasihani kita, - mengampuni dosa kita, - dan mengantar kita ke hidup yang kekal.

U. Amin.

               

MADAH KEMULIAAN (PS 358) 

    

K. Kemuliaan kepada Allah di surga.

U. Dan damai di bumi kepada orang yang berkenan pada-Nya.

K. Kami memuji Dikau

U. Kami meluhurkan Dikau

K. Kami menyembah Dikau

U. Kami memuliakan Dikau

K. Kami bersyukur kepada-Mu, kar'na kemuliaan-Mu yang besar.

U. Ya Tuhan Allah, Raja surgawi, Allah Bapa yang mahakuasa

K. Ya Tuhan Yesus Kristus, Putra yang tunggal,

U. Ya Tuhan Allah, Anak domba Allah, Putra Bapa.

K. Engkau yang menghapus dosa dunia

U. Kasihanilah kami

K. Engkau yang menghapus dosa dunia

U. Kabulkanlah doa kami

K. Engkau yang duduk di sisi Bapa,

U. Kasihanilah kami.

K. Kar'na hanya Engkaulah Kudus.

U. Hanya Engkaulah Tuhan

K. Hanya Engkaulah mahatinggi, ya Yesus Kristus

U. Bersama dengan Roh Kudus dalam kemuliaan Allah Bapa. Amin.    

           

DOA PEMBUKA

I. Marilah kita berdoa:

(hening sejenak)

I Allah Bapa yang penuh kasih, Engkau menghendaki agar kami mengikuti  Putra-Mu dengan sepenuh hati. Kami mohon, bebaskanlah kami dari segala  hambatan agar kami dapat menjadi pengikut-pengikut-Nya yang setia dan  siap sedia melaksanakan kehendak-Nya. Sebab Dialah Tuhan, Pengantara  kami, yang bersama Dikau, dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa  kini dan sepanjang masa.

U. Amin.


     
LITURGI SABDA


BACAAN I (Yes 66:10-14c) 


 

"Aku akan mengalirkan kepadanya keselamatan seperti sungai."

      

L. Bacaan dari  Kitab Yesaya:

   

 Bersukacitalah bersama-sama Yerusalem, dan bersorak-soraklah karenanya,  hai semua orang yang mencintainya! Bergiranglah bersama-sama dia  segirang-girangnya, hai semua orang yang berkabung karenanya! Supaya  kamu mengisap dan menjadi kenyang dari susu yang menyegarkan kamu,  supaya kamu menghirup dan menikmati dari dadanya yang bernas. Sebab  beginilah firman Tuhan: Sesungguhnya, Aku mengalirkan kepadanya  keselamatan seperti sungai, dan kekayaan bangsa-bangsa seperti batang  air yang membanjir; kamu akan menyusu, akan digendong, akan  dibelai-belai di pangkuan. Seperti seseorang yang dihibur ibunya,  demikianlah Aku ini akan menghibur kamu; kamu akan dihibur di Yerusalem.  Apabila kamu melihatnya, hatimu akan girang, dan kamu akan seperti  rumput muda yang tumbuh dengan lebat; maka tangan Tuhan akan nyata  kepada hamba-hamba-Nya.


Demikianlah Sabda Tuhan

U. Syukur kepada Allah.


MAZMUR TANGGAPAN 
(PS 830, Mzm 66:1-3a.4-5.6-7.16-20; Ul:1) -duduk- 

Mazmur: 

1. Bersorak-sorailah bagi Allah, hai seluruh bumi; mazmurkanlah  kemuliaan nama-Nya, muliakanlah Dia dengan puji-pujian! Katakanlah  kepada Allah "Betapa dahsyat segala pekerjaan-Mu.

2. Seluruh bumi sujud menyembah kepada-Mu, dan bermazmur bagi-Mu,  seluruh bumi memazmurkan nama-Mu." Pergilah dan lihatlah karya-karya  Allah; Ia dahsyat dalam perbuatan-Nya terhadap manusia!

3. Ia mengubah laut menjadi tanah kering, dan orang berjalan kaki  menyeberang sungai. Oleh sebab itu kita bersukacita kar'na Dia, yang  memerintah dengan perkasa untuk selama-lamanya.

4. Marilah, dengarlah, hai kamu semua yang takwa pada Allah, aku hendak  menceritakan apa yang dilakukan-Nya terhadapku. Terpujilah Allah, yang  tidak menolak doaku, dan tidak menjauhkan kasih setia-Nya dari padaku.

   

BACAAN II  (Gal 6:14-18) 


"Pada tubuhku ada tanda-tanda milik Yesus."

L.  Bacaan dari Surat Rasul Paulus kepada umat di Galatia:

       

 Saudara-saudara, aku sekali-kali tidak mau bermegah selain dalam salib  Tuhan kita Yesus Kristus, sebab olehnya dunia telah disalibkan bagiku  dan aku bagi dunia. Sebab bersunat atau tidak bersunat tidak ada  artinya, tetapi menjadi ciptaan baru, itulah yang ada artinya. Bagi  semua orang, yang memberi dirinya dipimpin oleh patokan ini, dan bagi  semua orang yang menjadi milik Allah, turunlah kiranya damai sejahtera  dan rahmat. Selanjutnya janganlah ada orang yang menyusahkan aku, karena  pada tubuhku ada tanda-tanda milik Yesus. Saudara-saudara, Kasih  karunia Tuhan kita Yesus Kristus menyertai rohmu.

     

Demikianlah Sabda Tuhan

U. Syukur kepada Allah

     

BAIT PENGANTAR INJIL (PS 952; Kol 3:15a.16a) (berdiri)

 
Sesudah ayat alleluya dinyanyikan dua kali

 

BACAAN INJIL (Luk 10:1-12.17-20) (berdiri)


"Salammu itu akan tinggal padanya." 

I. Tuhan bersamamu

U. Dan bersama rohmu

I. Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas

U. Dimuliakanlah Tuhan.

I.   Sekali peristiwa Tuhan menunjuk tujuh puluh murid, Ia lalu mengutus  mereka berdua-dua mendahului-Nya ke setiap kota dan tempat yang hendak  dikunjungi-Nya. Kata-Nya kepada mereka: "Tuaian memang banyak, tetapi  pekerja sedikit. Karena itu mintalah kepada Tuan yang empunya tuaian,  supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu. Pergilah,  sesungguhnya Aku mengutus kamu seperti anak domba ke tengah-tengah  serigala. Janganlah membawa pundi-pundi atau bekal atau kasut, dan  janganlah memberi salam kepada siapapun selama dalam perjalanan. Kalau  kamu memasuki suatu rumah, katakanlah lebih dahulu: Damai sejahtera bagi  rumah ini. Dan jikalau di situ ada orang yang layak menerima damai  sejahtera, maka salammu itu akan tinggal atasnya. Tetapi jika tidak,  salammu itu kembali kepadamu. Tinggallah dalam rumah itu, makan dan  minumlah apa yang diberikan orang kepadamu, sebab seorang pekerja patut  mendapat upahnya. Janganlah berpindah-pindah rumah. Dan jikalau kamu  masuk ke dalam sebuah kota dan kamu diterima di situ, makanlah apa yang  dihidangkan kepadamu, dan sembuhkanlah orang-orang sakit yang ada di  situ dan katakanlah kepada mereka: Kerajaan Allah sudah dekat padamu.  Tetapi jikalau kamu masuk ke dalam sebuah kota dan kamu tidak diterima  di situ, pergilah ke jalan-jalan raya kota itu dan serukanlah: Juga debu  kotamu yang melekat pada kaki kami, kami kebaskan di depanmu; tetapi  ketahuilah ini: Kerajaan Allah sudah dekat. Aku berkata kepadamu: pada  hari itu Sodom akan lebih ringan tanggungannya dari pada kota itu."  Kemudian ketujuh puluh murid itu kembali dengan gembira dan berkata:  "Tuhan, juga setan-setan takluk kepada kami demi nama-Mu." Lalu kata  Yesus kepada mereka: "Aku melihat Iblis jatuh seperti kilat dari langit.  Sesungguhnya Aku telah memberikan kuasa kepada kamu untuk menginjak  ular dan kalajengking dan kuasa untuk menahan kekuatan musuh, sehingga  tidak ada yang akan membahayakan kamu. Namun demikian janganlah  bersukacita karena roh-roh itu takluk kepadamu, tetapi bersukacitalah  karena namamu ada terdaftar di surga."


DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN

I. Berdoalah, Saudara-saudari, supaya persembahanku dan persembahanmu berkenan pada Allah, Bapa yang mahakuasa. (umat berdiri) 

U. Semoga persembahan ini diterima demi kemuliaan Tuhan dan keselamatan kita serta seluruh umat Allah yang kudus.

I.   Allah yang Mahakudus, terimalah persembahan diri kami dalam rupa  roti dan anggur ini. Semoga, kami Kausatukan dengan Putra-Mu sehingga  dalam diri kami terdapat tanda-tanda milik Putra-Mu, yaitu cinta kasih  dan damai sejahtera bagi semua orang. Sebab Dialah Tuhan, Pengantara  kami.

U. Amin.


DOA SESUDAH KOMUNI

I. Marilah kita berdoa:

I. Allah Bapa yang penuh kasih, kami bersyukur karena telah Kaupanggil  untuk mengambil bagian dalam perjamuan kudus-Mu. Kami mohon, teguhkanlah  kami dalam melaksanakan perutusan-Mu untuk mewujudkan Kerajaan-Mu di  dunia ini sambil terus mengharapkan datangnya Kerajaan-Mu yang abadi.  Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.

U. Amin.