Perayaan Ekaristi 15 Desember 2019

HARI MINGGU ADVENT III

Sabtu dan Minggu 14 - 15 Desember 2019



SERUAN TOBAT (Kyrie PS 339) 
I. Saudara-saudari, marilah mengakui bahwa kita telah berdosa supaya layak merayakan peristiwa penyelamatan ini.
       
I. Tuhan Yesus Kristus, Engkaulah pembawa sukacita sejati, yang dinanti-nantikan umat manusia.
K. Tuhan, kasihanilah kami.
U. Tuhan, kasihanilah kami.   

    

I. Engkaulah pembawa harapan akan kebahagiaan, yang didambakan umat manusia. 

K. Kristus, kasihanilah kami
U. Kristus, kasihanilah kami.
 
I. Engkaulah pembawa kedamaian hati nurani, yang diharapkan oleh umat manusia.
K. Tuhan, kasihanilah kami
U. Tuhan, kasihanilah kami.

   
I. Semoga Allah yang mahakuasa mengasihani kita, mengampuni dosa kita dan mengantar kita ke hidup yang kekal.
U. Amin.  


DOA PEMBUKA 
I. Marilah kita berdoa:
(hening sejenak)
I.  Ya Allah, pandanglah umat-Mu, yang dengan tekun menantikan perayaan  kelahiran Putra-Mu. Bantulah kami agar kami bersukacita karena  keselamatan yang seagung itu, dan dengan riang-ria merayakannya dalam  ibadat yang meriah. Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan  kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan  berkuasa, Allah, sepanjang segala masa.
U. Amin.


LITURGI SABDA



BACAAN I (Yes 35:1-6a.10)


"Tuhan sendiri datang menyelamatkan kamu."

L. Bacaan dari Kitab Yesaya: 

   

    Padang gurun dan padang kering akan bergirang, padang belantara akan  bersorak-sorai dan berbunga. Seperti bunga mawar ia akan berbunga lebat,  akan bersorak-sorak, ya bersorak-sorak dan bersorak-sorai! Kemudian  Libanon, semarak Karmel dan Saron, akan diberikan kepadanya. Orang akan  melihat kemuliaan Tuhan, semarak Allah kita. Kuatkanlah tangan yang  lemah lesu, dan teguhkanlah lutut yang goyah. Katakanlah kepada  orang-orang yang tawar hati. "Kuatkanlah hatimu, janganlah takut!  Lihatlah, Allahmu akan datang dengan membawa pembalasan dan ganjaran. Ia  sendiri datang menyelamatkan kamu!" Pada waktu itu mata orang-orang  buta akan dicelikkan dan telinga orang-orang tuli akan dibuka; orang  lumpuh akan melompat seperti rusa dan mulut orang bisu akan  bersorak-sorai. Pada waktu itu orang-orang yang dibebaskan Tuhan akan  pulang dan masuk ke Sion dengan bersorak-sorai, sementara sukacita abadi  meliputi mereka. Kegirangan dan sukacita akan memenuhi mereka, kedukaan  dan keluh kesah akan menjauh.


L. Demikianlah Sabda Tuhan

U. Syukur kepada Allah.


MAZMUR TANGGAPAN (PS 802; Mzm 146:7.8-9a.9b-10; Ul: Yes 35:4)

Ulangan:   

Ayat Mazmur: 

1. Dialah yang menegakkan keadilan bagi orang yang diperas, dan memberi  roti kepada orang-orang yang lapar. Tuhan membebaskan orang-orang yang  terkurung. Dia tetap setia untuk selama-lamanya.

2. Tuhan membuka orang buta, Tuhan menegakkan orang yang tertunduk,  Tuhan mengasihi orang-orang benar. Tuhan menjaga orang-orang asing.

3. Anak yatim dan janda ditegakkan-Nya kembali, tetapi jalan orang fasik  dibengkokkan-Nya. Tuhan itu Raja untuk selama-lamanya, Allahmu, ya  Sion, turun-menurun.

     

BACAAN II  (Yak 5:7-10)


"Teguhkanlah hatimu karena kedatangan Tuhan sudah dekat."

L.  Bacaan dari Surat Rasul Yakobus: 

           

 Saudara-saudara, bersabarlah sampai kedatangan Tuhan, seperti petani  yang menantikan hasil tanahnya yang berharga: Ia sabar sampai turun  hujan musim gugur dan hujan musim semi, demikian kamu pun harus bersabar  dan harus meneguhkan hatimu karena kedatangan Tuhan sudah dekat!  Saudara-saudara, janganlah kamu bersungut-sungut dan saling  mempersalahkan, supaya kamu jangan dihukum. Ingatlah, Hakim telah  berdiri di ambang pintu. Saudara-saudara, turutilah teladan penderitaan  dan kesabaran para nabi yang telah berbicara demi nama Tuhan.

L. Demikianlah Sabda Tuhan

U. Syukur kepada Allah


BAIT PENGANTAR INJIL (PS 954; Mzm 85:8) 

Ulangan.  

Ayat. Perlihatkanlah kepada kami kasih setia-Mu, ya Tuhan dan berilah kami keselamatan yang dari pada-Mu.


BACAAN INJIL (Mat 11:2-11) 


"Engkaukah yang akan datang itu, atau haruskah kami menantikan orang lain?" 

I. Tuhan bersamamu

U. Dan bersama rohmu

I. Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius

U. Dimuliakanlah Tuhan.

I.  Sekali peristiwa Yohanes Pembaptis yang ada berada di penjara  mendengar tentang pekerjaan Kristus. Lalu ia menyuruh murid-muridnya  bertanya kepada-Nya: "Engkaukah yang akan datang itu atau haruskah kami  menantikan orang lain?" Yesus menjawab mereka: "Pergilah dan katakanlah  kepada Yohanes apa yang kamu dengar dan kamu lihat: Orang buta melihat,  orang lumpuh berjalan, orang kusta menjadi tahir, orang tuli mendengar,  orang mati dibangkitkan dan kepada orang miskin diberitakan kabar baik.  Berbahagialah orang yang tidak sangsi dan menolak Aku." Setelah  murid-murid Yohanes pergi, mulailah Yesus berbicara kepada orang banyak  tentang Yohanes: "Untuk apakah kamu pergi ke padang gurun? Melihat buluh  yang digoyangkan angin kian ke mari? Atau untuk apakah kamu pergi?  Melihat orang yang berpakaian halus? Orang yang berpakaian halus itu  tempatnya di istana raja. Jadi untuk apakah kamu pergi? Melihat nabi?  Benar, dan Aku berkata kepadamu, bahkan lebih daripada nabi. Karena  tentang dia ada tertulis: Lihatlah, Aku menyuruh utusan-Ku mendahului  Engkau! Ia akan mempersiapkan jalan-Mu di hadapan-Mu. Aku berkata  kepadamu: Camkanlah, di antara mereka yang dilahirkan oleh perempuan  tidak pernah tampil seorang yang lebih besar dari pada Yohanes  Pembaptis. Namun demikian, yang terkecil dalam Kerajaan Surga lebih  besar daripada Yohanes."

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN
I. Berdoalah, Saudara-saudari, supaya persembahanku dan persembahanmu berkenan pada Allah, Bapa yang mahakuasa. (umat berdiri) 
U. Semoga persembahan ini diterima demi kemuliaan Tuhan dan keselamatan kita serta seluruh umat Allah yang kudus.  
I. Kami mohon, ya Allah, semoga kurban ini, yang merupakan tanda bakti  kami, senantiasa kami persembahkan kepada-Mu. Wujudkanlah sepenuhnya  dalam diri kami karya penyelamatan-Mu, yang sudah dimulai dalam misteri  kudus ini. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
U. Amin.


DOA SESUDAH KOMUNI
I. Marilah kita berdoa:
I. Ya Tuhan Yang Mahamurah, semoga oleh daya ilahi sakramen ini, kami  dibersihkan dari cacat cela dan dengan demikian kami siap menyambut hari  raya mendatang. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami, yang hidup dan  berkuasa sepanjang segala masa.
U. Amin.