Perayaan Ekaristi 12 Januari 2020

PESTA PEMBAPTISAN TUHAN

Sabtu - Minggu, 11 - 12 Januari 2020



SERUAN TOBAT (PS 351)

I. Tuhan Yesus Kristus, Engkau berkenan dibaptis oleh Yohanes, dalam usaha-Mu untuk mendekati kami orang berdosa.

K. Tuhan, kasihanilah kami

U. Tuhan, kasihanilah kami.

I. Engkau memenuhi panggilan Allah Bapa lewat pembaptisan untuk melayani kami semua.

K. Kristus, kasihanilah kami

U. Kristus, kasihanilah kami.

I. Engkau menghendaki adanya sakramen pembaptisan guna memberi kesempatan kepada kami menerima hidup ilahi.

K. Tuhan, kasihanilah kami

U. Tuhan, kasihanilah kami.

I. Semoga Allah yang mahakuasa mengasihani kita, mengampuni dosa kita dan mengantar kita ke hidup yang kekal

U. Amin.


DOA PEMBUKA    

I. Marilah kita berdoa (hening sejenak)

I. Allah Yang Mahakuasa dan kekal, ketika Kristus dibaptis di Sungai  Yordan dan Roh Kudus turun di atas-Nya, Engkau dengan resmi memaklumkan  Dia sebagai Putra-Mu yang terkasih. Kami mohon, semoga kami, anak-anak  angkat-Mu, yang sudah dilahirkan dari air dan Roh Kudus, diperkenankan  tetap tinggal sebagai anak-anak kesayangan-Mu. Dengan pengantaraan Yesus  Kristus, Tuhan kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan dengan  Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa.

U. Amin.


     
LITURGI SABDA


BACAAN I (Yes 42:1-4.6-7)

  

"Lihat, itu hamba-Ku, yang kepada-Nya Aku berkenan."

   

L. Bacaan dari Kitab Yesaya:


Beginilah firman Tuhan, "Lihat, itu hamba-Ku yang Kupegang, orang  pilihan-Ku yang kepadanya Aku berkenan. Aku menaruh Roh-Ku ke atasnya,  supaya ia menyatakan hukum kepada bangsa-bangsa. Ia tidak akan berteriak  atau menyaringkan suaranya, atau memperdengarkan suaranya di jalan.  Buluh yang patah terkulai tidak akan diputuskannya dan sumbu yang pudar  nyalanya tidak akan ia padamkan, tetapi dengan setia ia akan menyatakan  hukum. Ia sendiri tidak akan menjadi pudar dan tidak akan terkulai,  sampai ia menegakkan hukum di bumi; segala pulau mengharapkan  pengajarannya." Beginilah firman Tuhan, "Aku, Tuhan telah memanggil  engkau untuk maksud penyelamatan. Aku telah memegang tanganmu; Aku telah  membentuk engkau dan membuat engkau menjadi perjanjian bagi umat  manusia, menjadi terang untuk bangsa-bangsa, untuk membuka mata yang  buta, untuk mengeluarkan orang hukuman dari tempat tahanan dan  mengeluarkan orang-orang yang duduk dalam gelap dari rumah penjara.

Demikianlah sabda Tuhan

U. Syukur kepada Allah.


MAZMUR TANGGAPAN (PS 846) -duduk- 

Ulangan: Tuhan memberkati umat-Nya dengan damai sejahtera.

Mazmur:

1. Sampaikanlah kepada Tuhan,
   hai penghuni surga,
   sampaikanlah kepada  Tuhan kemuliaan nama-Nya,
   sujudlah kepada Tuhan dengan berhiaskan  kekudusan!
2. Suara Tuhan terdengar di atas air,
   suara Tuhan mengguruh di atas air  yang besar.
   Suara Tuhan penuh kekuatan,
   suara Tuhan penuh semarak.
3. Allah yang mulia mengguntur.
   Di dalam bait-Nya setiap orang berseru,  
   "Hormat!" Tuhan bersemayam di atas air bah,
   Tuhan bersemayam sebagai  Raja untuk selama-lamanya.


BACAAN II (Kis 10:34-38)


"Allah mengurapi Dia dengan Roh Kudus."

   

L. Bacaan dari Kisah Para Rasul:

  

Sekali peristiwa Allah menyuruh Petrus menemui perwira Romawi dan seisi  rumahnya. Setibanya di rumah sang perwira, Petrus berkata. "Sesungguhnya  Allah tidak membeda-bedakan orang. Setiap orang dari bangsa mana pun  yang takut akan Allah dan mengamalkan kebenaran berkenan kepada-Nya.  Itulah firman yang Ia suruh sampaikan kepada orang-orang Israel, yaitu  firman yang memberitakan damai sejahtera oleh karena Yesus Kristus, yang  adalah Tuhan dari semua orang. Kamu tahu tentang segala sesuatu yang  terjadi di seluruh tanah Yudea mulai dari Galilea sesudah pembaptisan  yang diberitakan oleh Yohanes, yaitu tentang Yesus dari Nazaret:  Bagaimana Allah mengurapi Dia dengan Roh Kudus dan kuat kuasa. Yesus itu  telah berjalan berkeliling sambil berbuat baik dan menyembuhkan semua  orang yang dikuasai Iblis, sebab Allah menyertai Dia.

Demikianlah sabda Tuhan

U. Syukur kepada Allah


BAIT PENGANTAR INJIL (PS 957)

Ulangan. Alleluya, Alleluya

Ayat.  Langit terbuka, dan terdengarlah suara Bapa, "Inilah Anak yang Kukasihi, dengarkanlah Dia!"


BACAAN INJIL (Mat 3:13-17) 

   

"Sesudah dibaptis, Yesus melihat Roh Allah turun ke atas-Nya"

    

I. Tuhan bersamamu

U. Dan bersama rohmu

I. Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius

U. Dimuliakanlah Tuhan.

I. Ketika Yohanes membaptis di Sungai Yordan, datanglah Yesus dari  Galilea ke sana untuk dibaptis olehnya. Tetapi Yohanes mencegah Dia,  katanya, "Akulah yang mesti dibaptis oleh-Mu! Masakan Engkau yang datang  kepadaku!" Lalu Yesus menjawab kepadanya kata-Nya, "Biarlah hal itu  terjadi, karena demikianlah sepatutnya kita menggenapkan seluruh  kehendak Allah." Dan Yohanes pun menurutinya. Sesudah dibaptis, Yesus  segera keluar dari air, dan pada waktu itu juga langit terbuka, dan Ia  melihat Roh Allah seperti burung merpati turun ke atas-Nya, lalu  terdengarlah suara dari surga yang mengatakan, "Inilah Anak yang  Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan."


 DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN

I. Berdoalah, Saudara-saudari, supaya persembahanku dan persembahanmu berkenan pada Allah, Bapa yang mahakuasa. (umat berdiri) 

U. Semoga persembahan ini diterima demi kemuliaan Tuhan dan keselamatan kita serta seluruh umat Allah yang kudus.  

I. Ya Allah, terimalah persembahan umat-Mu pada perayaan pernyataan  Putra-Mu terkasih. Ubahlah persembahan ini menjadi kurban Kristus yang  karena belas kasih-Nya berkenan menghapus dosa dunia. Dialah Tuhan kami,  yang hidup dan berkuasa, sepanjang segala masa.

U. Amin. 

 

DOA SESUDAH KOMUNI

I. Marilah kita berdoa:

 

I. Ya Tuhan, Engkau telah menyegarkan kami dengan anugerah-Mu yang  kudus. Dengan rendah hati kami mohon semoga kami yang setia mendengarkan  Putra Tunggal-Mu sungguh-sungguh Engkau angkat menjadi anak-anak-Mu  dalam Dia yang hidup dan berkuasa sepanjang segala masa. 

U. Amin.