Perayaan Ekaristi 23 Februari 2020

LITURGI

HARI MINGGU BIASA VII

SABTU - MINGGU, 22 - 23 FEBRUARI 2020



SERUAN TOBAT  (PS 355) 

I. Tuhan Yesus Kristus, Engkau telah mengajar kami untuk tidak melawan orang yang berbuat jahat kepada kami.

K. Tuhan, kasihanilah kami

U. Tuhan, kasihanilah kami.


I. Engkau juga bersabda, "Kasihilah musuh-musuhmu, dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu."

K. Kristus, kasihanilah kami

U. Kristus, kasihanilah kami.


I. Engkau mengajak kami untuk sempurna, sebagaimana Bapa-Mu yang di surga sempurna adanya.

K. Tuhan, kasihanilah kami

U. Tuhan, kasihanilah kami. Tuhan, kasihanilah kami.  


I. Semoga Allah yang mahakuasa mengasihani kita, mengampuni dosa kita dan mengantar kita ke hidup yang kekal

U. Amin.


DOA PEMBUKA 

I. Marilah kita berdoa:

(hening sejenak)

I. Allah Yang Mahakuasa, bantulah kami  agar kami selalu merenungkan apa  yang benar. Semoga kami sanggup  melaksanakan apa yang sesuai dengan  kehendak-Mu, baik dengan perkataan  maupun dengan perbuatan. Dengan  pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu,  Tuhan kami, yang bersama dengan  Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup  dan berkuasa, Allah, sepanjang  segala masa.
U. Amin. 


LITURGI SABDA

 
BACAAN I (Im 19:1-2.11-18)

    

"Engkau harus mengadili sesamamu dengan kebenaran."


L. Bacaan dari Kitab Imamat 


Tuhan berfirman kepada Musa, "Berbicaralah kepada segenap jemaah Israel   dan katakan kepada mereka: Kuduslah kamu, sebab Aku, Tuhan, Allahmu,   kudus. Janganlah engkau membenci saudaramu di dalam hatimu, tetapi   engkau harus berterus terang menegur orang sesamamu dan janganlah engkau   mendatangkan dosa kepada dirimu karena dia. Janganlah engkau menuntut   balas, dan janganlah menaruh dendam terhadap orang-orang sebangsamu,   melainkan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri; Akulah   Tuhan.

L. Demikianlah sabda Tuhan.

U. Syukur kepada Allah.      


MAZMUR TANGGAPAN (PS 823) -duduk-

Ulangan:  

 

Mazmur:

1.  Pujilah Tuhan, hai jiwaku! Pujilah nama-Nya yang kudus, hai segenap   batinku! Pujilah Tuhan, hai jiwaku, jangan lupa akan segala kebaikannya.
2. Dialah yang mengampuni segala kesalahanmu, dan menyembuhkan segala   penyakitmu! Dialah yang menebus hidupmu dari liang kubur, dan memahkotai   engkau dengan kasih setia dan rahmat.
3. Tuhan adalah pengasih dan penyayang, panjang sabar dan berlimpah   kasih setia. Tidak pernah Ia memperlakukan kita setimpal dengan dosa   kita, atau membalas kita setimpal dengan kesalahan kita.
4. Sejauh timur dari barat, demikianlah pelanggaran-pelanggaran kita   dibuang-Nya. Seperti bapa sayang kepada anak-anaknya, demikian Tuhan   sayang kepada orang-orang yang bertakwa.


BACAAN II (1Kor 3:16-23) 

"Kamu adalah tempat kediaman Allah."

  

L. Bacaan dari Surat Pertama Rasul Paulus kepada umat di Korintus: 


Saudara-saudara, tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan   bahwa Roh Allah diam di dalam kamu? Jika ada orang yang membinasakan   bait Allah, maka Allah akan membinasakan dia. Sebab bait Allah adalah   kudus dan bait Allah itu ialah kamu. Janganlah ada orang yang menipu   dirinya sendiri. Jika ada di antara kamu yang menyangka dirinya   berhikmat menurut dunia ini, biarlah ia menjadi bodoh, supaya ia   berhikmat. Karena hikmat dunia ini adalah kebodohan bagi Allah. Sebab   ada tertulis: "Ia yang menangkap orang berhikmat dalam kecerdikannya."   Dan di tempat lain: "Tuhan mengetahui rancangan-rancangan orang   berhikmat; sesungguhnya semuanya sia-sia belaka." Karena itu janganlah   ada orang yang memegahkan dirinya atas manusia, sebab segala sesuatu   adalah milikmu: baik Paulus, Apolos, maupun Kefas, baik dunia, hidup,   maupun mati, baik waktu sekarang, maupun waktu yang akan datang.   Semuanya kamu punya. Tetapi kamu adalah milik Kristus dan Kristus adalah   milik Allah.

Demikianlah sabda Tuhan

U. Syukur kepada Allah.

   

BAIT PENGANTAR INJIL (PS 952) 

Ulangan:  

 

Ayat:   Sempurnalah cinta Allah dalam hati orang yang mendengarkan sabda Kristus. 

        

BACAAN INJIL (Mat 5:38-48)

    

"Kasihilah musuhmu!" 

   

I. Tuhan bersamamu

U.  Dan bersama rohmu

I. Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius

U. Dimuliakanlah Tuhan.

I. Dalam khotbah di bukit, Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, “Kamu  telah mendengar bahwa dulu ada ungkapan: Mata ganti mata, gigi ganti  gigi. Tetapi Aku berkata kepadamu, ‘Janganlah kamu melawan orang yang  berbuat jahat kepadamu. Sebaliknya, bila orang menampar pipi kananmu,  berikanlah juga pipi kirimu. Bila orang hendak mengadukan engkau karena  mengingini bajumu, serahkanlah juga jubahmu. Bila engkau dipaksa  mengantarkan seseorang berjalan sejauh satu mil, berjalanlah bersama dia  sejauh dua mil. Berikanlah kepada orang apa yang dimintanya, dan jangan  menolak orang yang mau meninjam sesuatu dari padamu’. Kamu telah  mendengar firman, ‘Kasihilah sesamamu manusia, dan bencilah musuhmu’.  Tetapi Aku berkata kepadamu, ‘Kasihilah musuh-musuhmu, dan berdoalah  bagi mereka yang menganiaya kamu.’ Karena dengan demikian kamu menjadi  anak-anak Bapamu yang di surga. Sebab Ia membuat matahari-Nya terbit  bagi orang yang jahat dan juga bagi orang yang baik. Hujan pun  diturunkan-Nya bagi orang yang benar dan juga bagi orang yang tidak  benar. Apabila kamu mengasihi orang yang mengasihi kamu, apakah upahmu?  Bukankah pemungut cukai juga berbuat demikian? Dan apabila kamu hanya  memberi salam kepada saudaramu saja, apakah lebihnya dari perbuatan  orang lain? Bukankah orang yang tak mengenal Allah pun berbuat demikian?  Karena itu haruslah kamu sempurna, sebagaimana Bapamu yang di surga  sempurna adanya.”


LITURGI EKARISTI


DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN

I. Berdoalah, Saudara-saudari, supaya persembahanku dan persembahanmu berkenan pada Allah, Bapa yang mahakuasa.

U. Semoga persembahan ini diterima demi kemuliaan Tuhan dan keselamatan kita serta seluruh umat Allah yang kudus.

I.  Ya Allah, terimalah persembahan ini, yang patut kami haturkan  kepada-Mu  sebagai hamba-hamba-Mu. Semoga dengan kurban ini nama-Mu  dimuliakan  dan kami memperoleh jaminan keselamatan. Dengan pengantaraan  Kristus,  Tuhan kami.

U. Amin.  


DOA DAMAI   
I. Tuhan Yesus Kristus bersabda kepada para rasul, "Damai Kutinggalkan   bagimu, damai-Ku Kuberikan kepadamu." Jangan memperhitungkan dosa kami,   tetapi perhatikanlah iman Gereja-Mu, dan restuilah kami supaya hidup   bersatu dengan rukun sesuai dengan kehendak-Mu. Sebab Engkaulah yang   hidup dan berkuasa kini dan sepanjang masa.
U. Amin.  

I. Damai Tuhan bersamamu
U. Dan bersama rohmu. 


DOA SESUDAH KOMUNI

I. Marilah kita berdoa:

I.   Allah yang Mahakuasa, kami mohon semoga misteri yang kami rayakan  ini  menjadi jaminan keselamatan dan kehidupan abadi bagi kami semua.  Dengan  pengantaraan Kristus, Tuhan kami, yang hidup dan berkuasa,  sepanjang  segala masa. 

U. Amin. 


*dikutip dari santoantonius.blogspot.com