Perayaan Ekaristi 24 November 2019

LITURGI

HARI RAYA TUHAN KITA YESUS KRISTUS RAJA SEMESTA ALAM

MINGGU 24 NOVEMBER 2019


SERUAN TOBAT (TUHAN KASIHANILAH KAMI PS 351)   

I. Saudara-saudari, marilah mengakui bahwa kita telah berdosa supaya layak merayakan peristiwa penyelamatan ini :

   

I. Tuhan Yesus Kristus, Engkaulah Raja Semesta Alam, Engkau Putra Allah, Pencipta langit dan bumi.

K. Tuhan, kasihanilah kami (PS 351) 

U. Tuhan, kasihanilah kami.


I. Engkaulah Putra Manusia, yang telah berjasa membebaskan umat manusia dengan sengsara, wafat dan kebangkitan-Mu. 

K. Kristus, kasihanilah kami

U. Kristus, kasihanilah kami.


I. Engkaulah Putra sulung, yang pertama-tama bangkit dari alam maut dan kini dimuliakan di sisi Bapa sebagai Pengantara kami.

K. Tuhan, kasihanilah kami

U. Tuhan, kasihanilah kami.  

I. Semoga Allah yang mahakuasa mengasihani kita, mengampuni dosa kita dan mengantar kita ke hidup yang kekal.

U. Amin.


DOA PEMBUKA
I. Marilah kita berdoa:
(hening sejenak)
I  Allah Yang Mahakuasa dan kekal, Engkau berkenan membarui segala  sesuatu dalam diri Putra-Mu terkasih, Raja Semesta Alam. Semoga segala  makhluk yang telah dibebaskan dari perbudakan berhamba pada kebesaran-Mu  dan tanpa henti memuji-muji Engkau. Dengan pengantaraan Yesus Kristus,  Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh  Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa.
U. Amin.



LITURGI SABDA


BACAAN I (2Sam 5:1-3)

   

"Mereka mengurapi Daud menjadi raja atas Israel."

      

L. Bacaan dari Kitab Kedua Samuel: 

     

Sekali peristiwa datanglah segala suku Israel kepada Daud di  Hebron. Mereka itu berkata, "Ketahuilah, kami ini darah dagingmu. Telah  lama, yakni ketika Saul masih memerintah atas kami, engkaulah yang  memimpin segala gerakan orang Israel. Lagipula Tuhan telah berfirman  kepadamu: Engkaulah harus menggembalakan umat-Ku Israel, dan engkaulah  yang menjadi raja atas Israel." Maka datanglah semua tua-tua Israel  menghadap Daud di Hebron, lalu Daud mengadakan perjanjian dengan mereka  di sana, di hadapan Tuhan. Kemudian mereka mengurapi Daud menjadi raja  atas Israel.  

L. Demikianlah Sabda Tuhan

U. Syukur kepada Allah.


MAZMUR TANGGAPAN
(PS 844


 

 Ayat. 
1. Ku bersukacita waktu orang berkata  kepadaku: Mari kita pergi ke rumah Tuhan. Sekarang kaki kami berdiri di  gerbangmu, hai Yerusalem.
2. Kepadamu suku-suku berziarah, yakni suku-suku Tuhan, untuk bersyukur pada nama Tuhan sesuai dengan peraturan.

                  

BACAAN II  (Kol 1:12-20) 

 "Allah telah memindahkan kita ke dalam Kerajaan Anak-Nya yang terkasih."


L.  Bacaan dari Surat Rasul Paulus kepada umat di Kolose:

                                    

Saudara-saudara, semoga kamu mengucap syukur dengan sukacita kepada  Bapa, yang membuat kamu layak mendapat bagian dalam apa yang ditentukan  untuk orang-orang kudus di dalam Kerajaan Terang. Ia telah melepaskan  kita dari kuasa kegelapan dan memindahkan kita ke dalam Kerajaan  Anak-Nya yang terkasih; di dalam Kristus itulah kita memiliki penebusan  kita, yaitu pengampunan dosa. Kristus adalah gambar Allah yang tidak  kelihatan, Dia adalah yang sulung, yang lebih utama dari segala yang  diciptakan, karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu, yang  ada di surga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak  kelihatan, baik singgasana maupun kerajaan, baik pemerintah maupun  penguasa ; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia. Ia ada  mendahului segala sesuatu, dan segala sesuatu ada di dalam Dia. Dialah  kepala tubuh, yaitu jemaat, Dialah yang sulung, yang pertama bangkit  dari antara orang mati, sehingga Ia lebih utama dalam segala sesuatu.  Seluruh kepenuhan Allah berkenan di dalam Dia, dan oleh Dialah Allah  mendamaikan segala sesuatu dengan diri-Nya, baik yang ada di bumi maupun  yang ada di surga, sesudah Ia mengadakan pendamaian oleh darah salib  Kristus.

    

L. Demikianlah Sabda Tuhan

U. Syukur kepada Allah

     

BAIT PENGANTAR INJIL (PS 961; Mrk 11:9.10) 

BACAAN INJIL (Luk 23:35-43) 

   

 "Tuhan, ingatlah akan daku, apabila Engkau datang sebagai Raja."

   

I. Tuhan bersamamu

U. Dan bersama rohmu

I. Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas

U. Dimuliakanlah Tuhan.

I. Ketika Yesus bergantung di salib, pemimpin-pemimpin bangsa Yahudi  mengejek-Nya, "Orang lain Ia selamatkan, biarlah sekarang ia  menyelamatkan diri-Nya sendiri jika Ia benar-benar Mesias, orang yang  dipilih Allah!" Juga prajurit-prajurit mengolok-olokkan Dia; mereka  mengunjukkan anggur asam kepada-Nya dan berkata, "Jika Engkau raja orang  Yahudi, selamatkan diri-Mu!" Ada juga tulisan di atas kepala-Nya,  "Inilah Raja Orang Yahudi." Salah seorang dari penjahat yang digantung  itu menghujat Yesus, katanya, "Bukankah Engkau Kristus?" Selamatkanlah  diri-Mu sendiri dan kami!" Tetapi, penjahat yang seorang lagi menegur  dia, katanya, "Tidakkah engkau takut, juga tidak kepada Allah? Padahal  engkau menerima hukuman yang sama! Kita memang selayaknya dihukum, sebab  kita menerima balasan yang setimpal dengan perbuatan kita. Tetapi,  orang ini tidak berbuat sesuatu yang salah." Lalu ia berkata kepada  Yesus, "Yesus, ingatlah akan daku, apabila Engkau datang sebagai Raja!"  Kata Yesus kepadanya, "Aku berkatamu, sesungguhnya hari ini juga engkau  akan ada bersama-sama Aku di dalam Firdaus."


DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN

I. Berdoalah, Saudara-saudari, supaya persembahanku dan persembahanmu berkenan pada Allah, Bapa yang mahakuasa.
U. Semoga persembahan ini diterima demi kemuliaan Tuhan dan keselamatan kita serta seluruh umat Allah yang kudus.
I.  Ya Allah, sambil mempersembahkan kepada-Mu kurban pendamaian ini.  Kami mohon dengan rendah hati, semoga Putra-Mu sendiri berkenan  menganugerahkan persatuan dan damai kepada segala bangsa. Dialah Tuhan  kami yang hidup dan berkuasa sepanjang segala masa.
U. Amin.


DOA SESUDAH KOMUNI 

I. Marilah kita berdoa:
I. Ya Tuhan, kami telah menerima santapan suci, jaminan hidup abadi.  Semoga kami yang bangga menaati perintah Kristus, Raja Semesta Alam,  diperkenankan menikmati hidup abadi di dalam Kerajaan Surga bersama Dia,  yang hidup dan berkuasa, sepanjang segala masa.
U. Amin.