Perayaan Ekaristi 25 Agustus 2019

LITURGI

HARI MINGGU BIASA XXI

25 Agustus 2019



SERUAN TOBAT  
I. Saudara-saudari, marilah mengakui bahwa kita telah berdosa supaya layak merayakan peristiwa penyelamatan ini.
     
I. Tuhan Yesus Kristus,  Engkau datang ke dunia demi umat manusia dan menghendaki agar semua orang diselamatkan.
K. Tuhan, kasihanilah kami
U. Tuhan, kasihanilah kami.  

I. Engkau selalu menyayangi kami, meski sering menguji kami juga dengan siksaan dan cobaan.
K. Kristus, kasihanilah kami
U. Kristus, kasihanilah kami.

I. Engkau menghendaki kami secara aktif menanggapi panggilan kami  masing-masing, agar pintu Kerajaan-mu tetap terbuka bagi kami.
K. Tuhan, kasihanilah kami
U. Tuhan, kasihanilah kami. 

   
I. Semoga Allah yang mahakuasa mengasihani kita, - mengampuni dosa kita, - dan mengantar kita ke hidup yang kekal.
U. Amin.

DOA PEMBUKA
I. Marilah kita berdoa:
(hening sejenak)
I  Allah Bapa yang kekal dan kuasa, Engkau berkenan mengumpulkan segala  bangsa menjadi umat kesayangan-Mu. Kami mohon, tunjukkanlah kepada kami  jalan menuju iman kepada-Mu. Dengan pengantaraan Yesus Kristus,  Putra-Mu, yang bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan  berkuasa, Allah, sepanjang segala masa.
U. Amin.


LITURGI SABDA


BACAAN I (Yes 66:18-21)


 

 "Mereka akan membawa semua saudaramu dari antara segala bangsa."

      

L. Bacaan dari Kitab Yesaya: 

         

 Beginilah firman Tuhan, “Aku mengenal segala perbuatan dan rancangan.  Aku datang untuk mengumpulkan segala bangsa dari semua bahasa, dan  mereka itu akan datang serta melihat kemuliaan-Ku. Aku akan menaruh  tanda di tengah-tengah mereka, dan akan mengutus dari antara mereka  orang-orang yang terluput; mereka ini akan Kuutus kepada bangsa-bangsa,  yakni Tarsis, Pul dan Lud; mereka akan Kuutus ke Mesekh dan Rosy, ke  Tubal dan Yawan, ke pulau-pulau yang jauh, yang belum pernah mendengar  kabar tentang Aku, dan yang belum pernah melihat kemuliaan-Ku, supaya  mereka memberitakan kemuliaan-Ku di antara bangsa-bangsa. Mereka itu  akan membawa semua saudaramu dari segala bangsa sebagai kurban untuk  Tuhan; mereka akan membawanya di atas kuda dan kereta dan di atas  usungan, di atas bagal dan unta betina yang cepat, ke atas gunung-Ku  yang kudus, ke Yerusalem, sama seperti orang Israel membawa kurban dalam  wadah yang tahir ke dalam rumah Tuhan. Juga dari antara mereka akan  Kuambil imam-imam dan orang-orang Lewi.”

 

L. Demikianlah Sabda Tuhan

U. Syukur kepada Allah.

     

MAZMUR TANGGAPAN (PS 827; Mzm 117:1.2) -duduk- 




BACAAN II  (Ibr 12:5-7.11-13)


  "Tuhan menghajar orang yang dikasihi-Nya."

L.  Bacaan dari Surat kepada Orang Ibrani: 

              

Saudara-saudara, janganlah kamu lupa akan nasihat yang berbicara kepada  kamu seperti kepada anak-anak, “Hai anakku, janganlah meremehkan didikan  Tuhan, dan janganlah putus asa apabila  engkau diperingatkan oleh-Nya;  karena Tuhan menghajar orang yang dikasihi-Nya, dan Ia menyesah orang  yang diakui-Nya sebagai anak.” Jika kamu menerima hajaran, maka di situ  Allah memperlakukan kamu sebagai anak. Di manakah ada anak yang tidak  dihajar oleh ayahnya? Memang tiap-tiap hajaran pada waktu diberikan  tidak mendatangkan sukacita, tetapi dukacita. Namun kemudian ia  menghasilkan buah kebenaran yang memberikan damai kepada mereka yang  dilatih oleh-Nya. Sebab itu kuatkanlah tangan yang lemah dan lutut yang  goyah; dan luruskanlah jalan bagi kakimu, sehingga yang pincang jangan  terpelecok, tetapi menjadi sembuh

     

Demikianlah sabda Tuhan

U. Syukur kepada Allah

         

BAIT PENGANTAR INJIL (PS 952)


BACAAN INJIL (Luk 13:22-30)

    

 "Orang akan datang dari Timur dan Barat, dan mereka akan duduk makan di dalam Kerajaan Allah."

     

I. Tuhan bersamamu

U. Dan bersama rohmu

I. Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas

U. Dimuliakanlah Tuhan.

I.   Dalam perjalanan-Nya ke Yerusalem Yesus berkeliling dari kota ke  kota dan dari desa ke desa sambil mengajar. Maka bertanyalah orang  kepada-Nya, “Tuhan, sedikit sajakah orang yang diselamatkan?” Jawab  Yesus kepada orang-orang di situ, “Berjuanglah untuk masuk melalui pintu  yang sempit itu! Sebab Aku berkata kepadamu, Banyak orang akan berusaha  untuk masuk, tetapi tidak akan dapat. Jika tuan rumah telah bangkit dan  menutup pintu, kamu akan berdiri di luar, dan mengetuk-ngetuk pintu  sambil berkata: Tuan, bukakan kami pintu! Tetapi Ia akan berkata, Aku  tidak tahu dari mana kamu datang. Maka kamu akan berkata, Kami telah  makan dan minum di hadapan-Mu, dan Engkau telah mengajar di jalan-jalan  kota kami. Tetapi ia akan berkata kepadamu: Aku tidak tahu dari mana  kamu datang. Enyahlah dari hadapan-Ku, hai kamu sekalian yang melakukan  kejahatan! Di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi, apabila kamu  akan melihat Abraham dan Ishak dan Yakub dan semua nabi ada di dalam  Kerajaan Allah, tetapi kamu sendiri dicampakkan ke luar. Dan orang akan  datang dari Timur dan Barat, dari Utara dan Selatan, dan mereka akan  duduk makan di dalam Kerajaan Allah. Dan ingatlah, ada orang yang  terakhir yang akan menjadi terdahulu, dan ada orang yang  terdahulu yang  akan menjadi terakhir.”


DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN
I. Berdoalah, Saudara-saudari, supaya persembahanku dan persembahanmu berkenan pada Allah, Bapa yang mahakuasa. (umat berdiri) 
U. Semoga persembahan ini diterima demi kemuliaan Tuhan dan keselamatan kita serta seluruh umat Allah yang kudus.
I.  Ya Tuhan, semoga berkat persembahan roti dan anggur ini, kami  Kauperkenankan untuk mencicipi suasana Kerajaan-Mu di dunia ini. Dengan  pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
U. Amin.


DOA SESUDAH KOMUNI
I. Marilah kita berdoa:
I.  Allah Bapa yang kekal dan kuasa, kami bersyukur karena melalui  Ekaristi ini kami telah Kauperkenankan mencicipi anugerah rezeki  surgawi. Semoga, kami dikuatkan dalam menapaki peziarahan hidup di dunia  ini dan kelak Kauperkenankan menikmati perjamuan surgawi bersama dengan  Engkau. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
U. Amin.