Perayaan Ekaristi 28 Juli 2019

LITURGI

HARI MINGGU BIASA XVII

28 Juli 2019


SERUAN TOBAT PS 355
I. Saudara-saudari, marilah mengakui bahwa kita telah berdosa supaya layak merayakan peristiwa penyelamatan ini.
   
I. Tuhan Yesus Kristus, Engkaulah Pengantara kami di hadapan Bapa.
K. Tuhan, kasihanilah kami.
U. Tuhan, kasihanilah kami.
I. Engkau yang mengajar para murid berdoa dengan memuliakan nama Bapa dan mohon diampuni dosa-dosanya.
K. Kristus, kasihanilah kami.
U. Kristus, kasihanilah kami.
I. Engkau yang menganjurkan kepada kami, "Mintalah, maka kamu akan  diberi; carilah, maka kamu akan mendapat; ketuklah, maka pintu akan  dibukakan.
K. Tuhan, kasihanilah kami.
U. Tuhan, kasihanilah kami.
I. Semoga Allah yang mahakuasa mengasihani kita, - mengampuni dosa kita, - dan mengantar kita ke hidup yang kekal.
U. Amin.


DOA PEMBUKA
I. Marilah kita berdoa:

I  Ya Allah, Putra-Mu telah memperkenalkan Engkau sebagai Bapa kami. Ia  juga mengajari kami bagaimana caranya berdoa. Semoga kami semakin  menjadi pendoa yang tekun. Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu,  yang bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah,  sepanjang segala masa.
U. Amin


     
LITURGI SABDA


BACAAN I (Kej 18:20-33) 
 

"Janganlah kiranya Tuhan murka kalau aku berkata."

L. Bacaan dari Kitab Ulangan:

     

Sekali peristiwa bersabdalah Tuhan kepada Abraham, “Sesungguhnya,  banyaklah keluh kesah orang tentang Sodom dan Gomora, dan sesungguhnya  sangat beratlah dosanya. Baiklah Aku turun untuk melihat, apakah  benar-benar mereka telah berkelakuan seperti keluh kesah orang yang  telah sampai kepadaku atau tidak, Aku hendak mengetahuinya.” Lalu  berpalinglah orang-orang itu dan berjalan ke Sodom, tetapi Abraham masih  tetap berdiri di hadapan Tuhan. Abraham datang mendekat dan berkata,  “Apakah Engkau akan membinasakan orang benar bersama dengan orang fasik?  Bagaimana sekiranya ada lima puluh orang benar dalam kota itu? Apakah  Engkau akan membinasakan tempat itu? Tidakkah Engkau mengampuninya  karena kelima puluh orang benar yang ada di dalamnya itu? Jauhlah  kiranya dari pada-Mu untuk berbuat demikian, membunuh orang benar besama  dengan orang fasik, sehingga orang benar itu seolah-olah sama dengan  orang fasik! Jauhlah kiranya yang demikian dari pada-Mu! Masakan Hakim  segenap bumi tidak menghukum dengan adil?” Tuhan berfirman jika Kudapati  lima puluh orang benar dalam kota Sodom. Aku akan mengampuni seluruh  tempat itu demi mereka.” Abraham menyahut, “Sesungguhnya aku telah  memberanikan diri berkata kepada Tuhan, walaupun aku debu dan abu.  Sekiranya kurang lima orang dari kelima puluh orang benar itu, apakah  Engkau akan memusnahkan seluruh kota itu karena yang lima itu?” Tuhan  bersabda, “Aku takkan memusnahkannya, jika Kudapati empat puluh lima di  sana.” Lagi Abraham melanjutkan perkatannya, “Sekiranya empat puluh  didapati di sana?” Sabda Tuhan, “Aku takkan berbuat demikian demi yang  empat puluh itu.” Kata Abraham, “Janganlah kiranya Tuhan murka kalau aku  berkata sekali lagi. Sekiranya tiga puluh didapati di sana?” Sabda  Tuhan, “Aku takkan berbuat demikian jika Kudapati tiga puluh di sana.”  Kata Abraham lagi, “Sesungguhnya aku telah memberanikan diri berkata  kepada Tuhan. Sekiranya dua puluh didapati di sana?” Sabda Tuhan, “Aku  tidak akan memusnahkannya demi yang dua puluh itu.” Kata Abraham,  “Janganlah kiranya Tuhan murka, kalau aku berkata lagi sekali ini saja.  Sekiranya sepuluh didapati di sana?” Jawab Tuhan, “Aku takkan  memusnahkanya demi yang yang sepuluh itu.” Lalu pergilah Tuhan, setelah  selesai bersabda kepada Abraham. Dan kembalilah Abraham ke tempat  tinggalnya.

Demikianlah Sabda Tuhan

U. Syukur kepada Allah.


MAZMUR TANGGAPAN 
(PS 816; Mzm  138:1-2a.2bc-3.6-7ab.7c-8) 
Ulangan: 


Mazmur:
 

1. Aku hendak bersyukur kepada-Mu dengan segenap hati, Sebab Engkau  mendengarkan kata-kata mulutku; Di hadapan para dewata aku akan  bermazmur bagi-Mu, Aku hendak bersujud ke arah bait-Mu yang kudus.

2. Aku hendak memuji nama-Mu oleh karena kasih-Mu dan oleh karena  setiaan-Mu; Sebab Kaubuat nama dan janji-Mu melebihi segala sesuatu,  Pada hari aku berseru, Engkaupun menjawab aku, Engkau menambahkan  kekuatan dalam jiwaku. Tuhan itu tinggi, namun Ia memperhatikan orang  yang hina,

3. Dan mengenal orang yang sombong dari jauh. Jika aku berada dalam  kesesakan, Engkau mempertahankan hidupku, terhadap amarah musuhku Engkau  mengulurkan tangan-Mu. Tangan kanan-Mu menyelesaikan segalanya bagiku,  Tuhan akan menyelesaikan segalanya bagiku! Ya Tuhan, kasih setia-Mu  kekal abadi, Janganlah Kautinggalkan buatan tangan-Mu.

     

BACAAN II  (Kol 2:12-14


"Kamu telah dihidupkan Allah bersama dengan Kristus, sesudah Ia mengampuni segala pelanggaran."

L.  Bacaan dari Surat Rasul Paulus kepada umat di Kolose:

              

Saudara-saudara bersama Kristus kamu telah dikuburkan dalam pembaptisan,  dan bersama Dia kamu juga turut dibangkitkan oleh kepercayaanmu akan  karya kuasa Allah, yang telah membangkitkan Kristus dari antara orang  mati. Dahulu kamu mati karena pelanggaranmu dan karena tidak disunat  secara lahiriah. Tetapi kini Allah menghidupkan kamu bersama Kristus  sesudah Ia mengampuni segala pelanggaran kita. Surat hutang yang oleh  ketentuan hukum mendakwa dan mengancam kita, telah dihapuskan-Nya dan  ditiadakan-Nya dengan memakukannya pada kayu salib.

    Demikianlah sabda Tuhan

U. Syukur kepada Allah

     

BAIT PENGANTAR INJIL (PS 962; Rm 8:15) 

 

 

BACAAN INJIL (Luk 11:1-13)

"Mintalah, maka kamu akan diberi."

I. Tuhan bersamamu

U. Dan bersama rohmu

I. Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas

U. Dimuliakanlah Tuhan.

I.  Pada waktu itu Yesus sedang berdoa di salah satu tempat. Ketika ia  berhenti berdoa, berkatalah seorang dari murid-murid-Nya kepada-Nya,  “Tuhan, ajarilah kami berdoa, sebagaimana Yohanes telah mengajar  murid-muridnya.” Maka Yesus berkata kepada mereka, “Apabila kamu berdoa,  katakanlah: Bapa, dikuduskanlah nama-Mu, datanglah kerajaan-Mu. Berilah  kami setiap hari makanan yang secukupnya, dan ampunilah dosa kami,  sebab kami pun mengampuni yang bersalah kepada kami; dan janganlah  membawa kami ke dalam pencobaan.” Lalu kata-Nya kepada mereka, “Jika di  antara kamu ada yang tengah malam pergi ke rumah seorang sahabat dan  berkata kepadanya Saudara, pinjami aku tiga buah roti, sebab seorang  sahabatku yang sedang berada dalam perjalanan singgah ke rumahku, dan  aku tidak mempunyai apa-apa untuk dihidangkan kepadanya , masakan ia  yang di dalam rumah itu akan menjawab, Jangan menggangu aku; pintu sudah  tertutup, dan aku serta anak-anakku sudah tidur. Aku tidak dapat bangun  dan memberikannya kepadamu. Aku berkata kepadamu: Sekalipun dia tidak  mau bangun dan tidak mau memberikan se-suatu meskipun ia itu sahabatnya,  namun karena sikap sahabatnya yang tidak malu-malu itu, pasti ia akan  bangun dan memberikan apa yang dia perlukan. Oleh karena itu Aku berkata  kepada-Mu: Mintalah, maka kamu akan diberi; carilah, maka kamu akan  mendapat; ketuklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. Karena setiap  orang yang meminta akan menerima, setiap orang yang mencari akan  mendapat, dan setiap orang yang mengetuk akan dibukakan pintu. Bapa  manakah di antara kamu, yang memberi anaknya sebuah batu kalau anak itu  minta roti? Atau seekor ular, kalau anaknya minta ikan? Atau  kalajengking, kalau yang diminta telur? Jadi, jika kamu yang jahat tahu  memberikan yang baik kepada anakmu, apalagi Bapamu yang disurga! Ia akan  memberikan Roh Kudus, kepada siapa pun yang meminta kepada-Nya.”



DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN
I. Berdoalah, Saudara-saudari, supaya persembahanku dan persembahanmu berkenan pada Allah, Bapa yang mahakuasa. (umat berdiri) 
U. Semoga persembahan ini diterima demi kemuliaan Tuhan dan keselamatan kita serta seluruh umat Allah yang kudus.
I.  Ya Allah, terimalah persembahan yang kami unjukkan kepada-Mu ini dan  penuhilah kami dengan Roh Kudus-Mu agar kami semakin layak menjadi  putra dan putri-Mu. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
U. Amin.

DOA SESUDAH KOMUNI 
I. Marilah kita berdoa:
I. Ya Allah, kami bersyukur karena Engkau telah mengundang kami dalam  perjamuan kudus ini. Kami mohon, dengarkanlah doa-doa kami agar kami  semakin peka akan kebutuhan sesama dan juga semakin setia mengikuti  Putra-Mu yang akan menuntun kami menuju pada kebahagiaan sejati dalam  kehidupan yang kekal. Sebab Dialah Tuhan, Pengantara kami.
U. Amin.