Perayaan Ekaristi 29 September 2019

LITURGI

HARI MINGGU BIASA XXVI

29 September 2019


SERUAN TOBAT (PS 347)
I. Saudara-saudari, marilah mengakui bahwa kita telah berdosa supaya layak merayakan peristiwa penyelamatan ini.

I. Tuhan Yesus Kristus, Engkaulah Putra Allah yang menghampakan diri  menjadi manusia lemah dan miskin, agar kami menjadi kaya akan rahmat dan  iman.
K. Tuhan, kasihanilah kami
U. Tuhan, kasihanilah kami. 

I.  Engkau bersabda, bahwa tak mungkin seorang hamba mengabdi pada dua tuan: kepada Allah dan kepada mamon.
K. Kristus, kasihanilah kami
U. Kristus, kasihanilah kami. 

I.  Engkau melepaskan kami dari belenggu dosa masa lampau.
K. Tuhan, kasihanilah kami 
U. Tuhan, kasihanilah kami. 
   
I. Semoga Allah yang mahakuasa mengasihani kita, - mengampuni dosa kita, - dan mengantar kita ke hidup yang kekal.
U. Amin.


DOA PEMBUKA
I. Marilah kita berdoa:
(hening sejenak)
I  Allah Bapa yang penuh kasih, Engkau berkenan mengasihi semua orang,  terutama mereka yang paling lemah dan tidak mendapat perhatian dari  sesamanya. Kami mohon, gerakkanlah kami untuk selalu siap sedia  membagikan cinta kasih-mu kepada sesama kami. Dengan pengantaraan  Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama Dikau dalam persatuan Roh  Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa.
U. Amin.



LITURGI SABDA



BACAAN I (Am 6:1a.4-7) 

   

"Yang duduk berjuntai dan bernyanyi akan pergi sebagai orang buangan. "

      

L. Bacaan dari Nubuat Amos: 

         

Beginilah firman Tuhan, Allah semesta alam, “Celakalah orang-orang yang  merasa aman di Sion, yang merasa tenteram di gunung Samaria! Celakalah  orang yang berbaring di tempat tidur dari gading, dan duduk berjuntai di  ranjang, yang memakan anak-anak lembu dari tengah kawanan binatang yang  tambun; yang bernyanyi-nyanyi mendengar bunyi gambus, dan seperti Daud  menciptakan bunyi-bunyian bagi dirinya! Celakalah orang yang minum  anggur dari bokor, dan berurap dengan minyak yang paling baik, tetapi  tidak berduka karena hancurnya keturunan Yusuf! Sebab sekarang mereka  akan pergi sebagai orang buangan di kepala barisan, dan berlalulah hiruk  pikuk pesta orang-orang yang duduk berjuntai itu.

           

L. Demikianlah Sabda Tuhan

U. Syukur kepada Allah.


MAZMUR TANGGAPAN 
(PS 838) -duduk- 

 

Dialah yang menegakkan keadilan, bagi orang yang diperas,
Tuhan memberi roti kepada orang-orang yang lapar
dan membebaskan orang-orang yang terkurung.

Tuhan membuka mata orang buta,
Tuhan menegakkan orang yang tertunduk,
Tuhan mengasihi orang-orang benar.
Tuhan menjaga orang-orang asing.

Anak yatim dan janda ditegakkan-Nya kembali,
tetapi jalan orang fasik dibengkokkannya.
Tuhan itu Raja untuk selama-lamanya,
Allahmu, ya Sion, turun temurun.    


BACAAN II  (1Tim 6:11-16)


"Taatilah perintah ini hingga pada saat Tuhan menyatakan Diri."

L.  Bacaan dari Surat Pertama Rasul Paulus kepada Timotius:  

                         

Hai engkau, manusia Allah, jauhilah semua kejahatan, kejarlah keadilan,  ibadah, kesetiaan, kasih, kesabaran dan kelembutan. Bertandinglah dalam  pertandingan iman yang benar, dan rebutlah hidup yang kekal. Untuk  itulah engkau telah dipanggil, untuk itulah engkau telah mengikrarkan  ikrar yang benar di depan banyak saksi. Di hadapan Allah yang memberikan  hidup kepada segala sesuatu dan di hadapan Kristus Yesus yang  memberikan kesaksian yang benar di hadapan Pontius Pilatus, aku  memperingatkan engkau: Taatilah perintah ini tanpa cacat dan tanpa cela  hingga pada saat Tuhan kita Yesus Kristus menyatakan diri-Nya. Saat itu  akan ditentukan oleh Penguasa yang satu-satunya dan yang penuh bahagia,  Raja di atas segala raja dan Tuan di atas segala tuan. Dialah  satu-satunya yang tidak takluk kepada maut, dan bersemayam dalam terang  yang tak terhampiri. Tak seorang pun pernah melihat Dia, dan tak seorang  manusia pun dapat melihat Dia. Bagi Dialah hormat dan kuasa yang kekal!  Amin.

        L. Demikianlah Sabda Tuhan

U. Syukur kepada Allah

     

BAIT PENGANTAR INJIL (PS 963; 2Kor 8:9) 

 

BACAAN INJIL (Luk 16:19-31) 


"Engkau telah menerima segala yang baik, sedangkan Lazarus segala yang  buruk. Sekarang ia mendapat penghiburan dan engkau sangat menderita.."

I. Tuhan bersamamu

U. Dan bersama rohmu

I. Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas

U. Dimuliakanlah Tuhan.

I. Sekali peristiwa Yesus berkata kepada orang-orang Farisi “Ada seorang  kaya yang selalu berpakaian jubah ungu dari kain halus dan setiap hari  ia bersukaria dalam kemewahan. Dan ada seorang pengemis bernama Lazarus,  badannya penuh dengan borok. la berbaring dekat pintu rumah orang kaya  itu, dan ingin menghilangkan laparnya dengan apa yang jatuh dari meja  orang kaya itu. Malahan anjing-anjing datang dan menjilati boroknya.  Kemudian matilah orang miskin itu, lalu dibawa oleh malaikat-malaikat ke  pangkuan Abraham. Orang kaya itu juga mati, lalu dikubur. Sementara  rnenderita sengsara di alam maut, ia memandang ke atas, dan dari jauh  dilihatnya Abraham, dan Lazarus duduk di pangkuannya. Lalu ia berseru,  Bapa Abraham, kasihanilah aku. Suruhlah Lazarus mencelupkan ujung  jarinya ke dalam air dan menyejukkan lidahku, sebab aku sangat kesakitan  dalam nyala api ini. Tetapi Abraham berkata, Anakku, ingatlah! Engkau  telah menerima segala yang baik semasa hidupmu, sedangkan Lazarus segala  yang buruk. Sekarang ia mendapat penghiburan dan engkau sangat  menderita. Selain daripada itu, di antara kami dan engkau terbentang  jurang yang tak terseberangi, sehingga mereka yang mau pergi dari sini  kepadamu atau pun mereka yang mau datang dari situ kepada kami tidak  dapat menyeberang! Kata orang itu, Kalau demikian, aku minta kepadamu,  Bapa, supaya engkau menyuruh dia ke rumah ayahku, sebab masih ada lima  orang saudaraku, supaya ia memperingatkan mereka dengan sungguh-sungguh,  agar mereka kelak jangan masuk ke dalam tempat penderitaan ini. Tetapi  kata Abraham, Ada pada mereka kesaksian Musa dan Para nabi, baiklah  mereka mendengarkan kesaksian itu! Jawab orang itu, Tidak, Bapa Abraham!  Tetapi jika ada seorang yang datang dari antara orang mati kepada  mereka, mereka akan bertobat. Kata Abraham kepadanya, Jika mereka tidak  mendengarkan kesaksian Musa dan para nabi, mereka tidak juga akan mau  diyakinkan, sekalipun oleh seorang yang bangkit dari antara orang mati  .”



DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN
I. Berdoalah, Saudara-saudari, supaya persembahanku dan persembahanmu berkenan pada Allah, Bapa yang mahakuasa. (umat berdiri) 
U. Semoga persembahan ini diterima demi kemuliaan Tuhan dan keselamatan kita serta seluruh umat Allah yang kudus.
I. Allah Bapa yang mahakudus, jadikanlah kami orang-orang jujur dan adil  demi Yesus Putra-Mu, yang telah menjadi miskin dan tertindas, agar  dapat memperkaya kami serta membawa damai sejahtera. Sebab Dialah Tuhan,  Pengantara kami.
U. Amin.


DOA SESUDAH KOMUNI
I. Marilah kita berdoa:
I. Ya Allah, kami bersyukur atas Yesus Kristus, Putra-Mu yang rela  membagikan hidup-Nya sebagai santapan bagi kami. Semoga, Roh-Nya selalu  menjiwai kami, sehingga kami juga mau membagikan diri dan kepunyaan kami  kepada sesama, terutama mereka yang berkekurangan. Dan antarlah kami  selalu merindukan harta abadi di surga. Dengan pengantaraan Kristus,  Tuhan kami.
U. Amin.