SINODE PARA USKUP TINGKAT KEUSKUPAN BANDUNG

REFLEKSI PROSES SINODE KEUSKUPAN BANDUNG 

Mengutip apa yang telah disampaikan Bapa Uskup pada pengantar Pembukaan Sidang, kegiatan ini sungguh-sungguh adalah kegiatan SINODE bukan PRA-SINODE dalam artian perjumpaan ini merupakan perjumpaan “Berjalan Bersama” yang sesungguhnya. Seluruh umat telah ikut berpartisipasi aktif dalam proses Pra Sinode dari sejak awal hingga puncaknya pada Pra Sinode Tingkat Keuskupan. Seluruh kepanitiaan Pra Sinode mulai dari tingkat Paroki dan Dekanat sangat menunjukkan keseriusannya melaksanakan kegiatan Pra Sinode, sehingga proses pelaksanaan dapat berjalan dengan baik dan membuahkan hasil yang baik pula mulai dari tingkat Lingkungan, Kelompok Kategorial, Paroki, Dekanat, dan akhirnya dapat terselenggara di tingkat Keuskupan. Partisipasi aktif seluruh umat, para imam, dan rohaniwan adalah SINODE yang sesungguhnya, berjalan bersama yang nyata di Keuskupan Bandung.

Pada pelaksanaan Pra Sinode di masing-masing level umat tentu ada dinamika yang khas dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Meskipun demikian, proses Pra Sinode yang telah terlaksana dengan sedemikian baik sesuai dengan target-target waktu yang telah ditentukan tidak terlepas dari semangat sehati sejiwa Umat Allah Keuskupan Bandung dan terlebih berkat karya Roh Kudus sendiri.

Ada banyak hal baik yang telah terumuskan dalam draft hasil Pra Sinode. Seluruh hasil refleksi selama Pra Sinode mulai dari tingkat Lingkungan hingga Dekanat telah terakomodir dengan baik dalam draft yang dirumuskan oleh Pst. Ote dan Pst. Bhanu. Meskipun draft hasil Pra Sinode telah terumuskan bukan berarti semangat berjalan bersama juga telah usai. Namun, langkah selanjutnya baru saja dimulai yaitu bagaimana cita-cita Gereja yang Berbicara dan Gereja yang Berdialog diwujudnyatakan dalam semangat serta gerak bersama seluruh Umat Allah Keuskupan Bandung. Hasil Pra Sinode memerlukan tindak lanjut nyata agar apa yang menjadi keprihatinan bersama di Keuskupan Bandung dapat teratasi dan cita-cita bersama dapat terwujud.

Bercermin dari bagaimana semangat berjalan bersama dalam proses Pra Sinode telah berlangsung dengan baik, maka ada optimisme bahwa hasil Pra Sinode ini pun dapat ditindaklanjuti bersama baik di tingkat Paroki, Kelompok Kategorial, maupun dalam karya-karya pelayanan Komisi-komisi Keuskupan Bandung.


Untuk melihat proses perjalanan dan hasil Sinode serta dokumen-dokumennya, kita bisa membuka pada link berikut ini.

Link Hasil Sinode:

https://bit.ly/DataSinode-KeuskupanBandung