Terkait Konflik di Al Aqsa, Paus Fransiskus Serukan Dialog Damai

Terkait Konflik di Al Aqsa, Paus Fransiskus Serukan Dialog Damai, Amorpost.com – Paus Fransiskus menyerukan kedua belah pihak yang terlibat dalam konflik di kompleks Al-Aqsa agar segera melakukan dialog damai.

Paus asal Argentina ini menyayangkan tindakan kekerasan yang terjadi di tempat suci itu. Paus ingin dialog damai sesegara mungkin untuk menciptakan kembali rasa mana dan damai di kawasan Yerusalem dan sekitarnya.

“Saya mengikuti dengan rasa khawatir, setiap ketegangan dan kekerasan di Yerusalem dalam beberapa hari terakhir ini. Saya merasa perlu menyampaikan seruan mendalam bagi sikap tidak berlebihan dan perlu digelarnya dialog bersama,” ujar Paus Fransiskus dalam homilinya di alun-alun Santo Petrus, Vatikan, Minggu (23/7/2017).

Paus juga meminta umat Katolik di seluruh dunia untuk berdoa bagi perdamaian di Yerusalem dan berbagai tempat yang masih dilanda konflik berkepanjangan.

Terkait konflik Yerusalem, Pemimpin umat Katolik itu berharap ada kesepakatan bersama untuk bisa kembali menciptakan perdamaian dan situasi aman di sana.

Dalam semingga terakhir ini ketegangan terjadi di kompleks Masjid Al-Agsa. Hal ini dipicu aksi sepihak militer Israel menutup masjid umat Muslim itu selama dua hari.

Penutupan ini dilakukan usai dua plisi israel ditembak mati oleh tiga orang yang dilaporkan sebagai warga Palestina. Ketiga warga itu akhirnya tewas ditembak militer Israel dalam insiden itu.

Sejak kejadian itu, militer Israel melakukan pengawasan ketat di sekitar kompleks Al-Agsa. Mereka juga memasang alat pendeteksi atau detektor untuk mendeteksi logam sehingga mengantisipasi serangan susulan.

Namun keputusan itu ditentang banyak masyarakat Palestina. Mereka melakukan aksi protes yang akhirnya berujung konflik berdarah. Dilaporkan 5 warga Palestina tewas dalam bentrokan itu.

Sumber : Detik.com