Tutup Bulan Liturgi Nasional, Umat Dekenat Kefamenanu Misa dalam Bahasa Dawan

Tutup Bulan Liturgi Nasional, Umat Dekenat Kefamenanu Misa dalam Bahasa Dawan, Amorpost.com – Suasana semarak busana adat sangat tampak pada misa penutupan bulan liturgi nasional di wilayah Dekenat Kefamenanu di Gua Siti Maria Bitauni, Jumat (26/5/2017). Misa kudus ini dihadiri ratusan umat dari berbagai paroki di Dekenat Kefamenanu.

Romo Gerardus Salu, Pr selaku Deken Kefamenanu memimpin langsung perayaan ekaristi itu bersama puluhan imam lainnya. Misa inkulturasi ini dibawakan dalam Bahasa Dawan yang merupakan bahasa daerah masyarakat Timor, NTT.

Karena bertemakan misa inkulturasi, imam dan umat yang hadir dalam perayaan ekaristi ini memakai pakaian adat daerahnya masing-masing.

Prosesi dimulai dengan perarakan Patung Bunda Maria dari cabang Manufui pada pukul 09.000 Wita. Umat beramai-ramai membawa Patung Bunda Maria ke pelataran Gua Bitauni.

Adapun misa kudus baru dimulai pada pukul 10.00 Wita. Umat dari Paroki Sr Theresia Kefamenanu menjadi koor inti pada perayaan tahunan ini. Untuk koor sambut menjadi tanggung jawab dari umat Paroki St Arnoldus Yansen dan Paroki Bijaepasu.

Misa kudus ini merupakan kegiatan puncak dari rangkaian kegiatan selama empat hari terakhir untuk memeriahkan bulan liturgi nasional.

Sebelumnya, pihak panitia menggelar jambore ekonomi kreatif yang melibatkan umat dari 17 paroki di Dekenat Kefamenanu.

Berbagai hasil bumi dan karya tangan turun seperti kain tenun, buah-buahan dan makanan dijual pada pameran ekonomi itu.

Selain pameran, panitia juga melaksanakan kegiatan pameran seni budaya. Kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan potensi terpendam yang dimiliki umat di wilayah Dekenat Kefamenanu.