Tiba di Panama, Ini 5 Peristiwa Penting yang Menyertai Kedatangan Paus Fransiskus

Tiba di Panama, Ini Peristiwa Penting yang Menyertai Kedatangan Paus Fransiskus, Amorpost.com – Paus Fransiskus menginjakkan kaki untuk pertama kalinya di Panama. Kedatangan Paus Fransiskus disambut ribuan umat yang sudah menunggu.

Paus Fransiskus tiba di Panama pada Rabu sore, (23/12019), waktu setempat. Paus datang ke negara itu untuk perhelatan Hari Orang Muda Sedunia atau World Youth Day (WYD) 2019.

Kedatangan Paus Fransiskus ke negara yang terletak di Amerika Tengah tersebut menandai 5 peristiwa penting, yakni:

1. Kelihatan lelah

Perbedaan waktu Panama dan Vatikan sekitar enam jam. Paus menempuh perjalanan dari Roma ke Panama sekitar 13 jam. Suhu panas yang mencapai 33 derajat selsius menyambut kedatangannya.

Perbedaan waktu tersebut sedikit membuat Paus Fransiskus lelah. Hal itu terlihat dari wajahnya ketika ia turun dari pesawat Alitalia, seperti dilansir dari Vaticannews.va (Kamis, 24/1/2019).

2. Dapat energi baru

Namun seketika wajah lelah itu hilang ketika Paus Fransiskus bertemu dengan umat di Panama yang tak henti-henti bersorak menyambut kedatangannya.

Saat ia berjalan menuju mobil yang akan membawanya, Paus menyempatkan diri bersalaman dengan umat di sepanjang jalan. Itu membuat wajah lelah yang sebelumnya terlihat, hilang seketika.

3. Mengawali WYD

Kedatangan Paus Fransiskus ke Panama menandai awal perkumpulan orang muda Katolik sedunia yang sebenarnya. Paus akan bertemu dengan orang muda Katolik dari seluruh dunia yang sudah tiba dan berkumpul di Panama beberapa hari terakhir.

4. Tempat pembukaan WYD

Paus Fransiskus sebagai pemimpin tertinggi Katolik di seluruh dunia akan resmi membuka WYD sore hari nanti. Pembukaan perhelatan orang muda Katolik ini akan berlangsung di Campo Santa Maria Antigua di Sabuk Pesisir Panama.

5. Paus kedua yang mengunjungi Panama

Paus Fransiskus adalah Paus kedua yang mengunjungi Panama. Paus pertama yang datang ke Panama adalah Paus Yohanes Paulus II.

Itu terjadi 36 tahun yang lalu, ketika untuk pertama kalinya seorang Paus turun dari Pesawat dari Roma ke tanah Panama.

Hari itu, 5 Maret 1983, Paus Yohanes Paulus II menyentuh tanah Panama untuk pertama kalinya. Dan tentu saja kunjungan itu membawa geliat iman Katolik yang sangat mendalam bagi umat dan warga Panama.

Lebih dari seperempat abad setelahnya, akhirnya Panama didatangi oleh seorang Paus. Juga, kunjungan ini bukan kunjungan biasa melainkan kunjungan akbar di mana Paus datang bersama orang muda Katolik dari berbagai penjuru dunia.

Presiden Panama Juan Carlos Varela Rodríguez dan Ibu Negara yang menyambut Paus Fransiskus secara langsung di Bandara Internasional Tocumen tampak semringah saat berjumpa dan bersalaman langsung dengan pimpinan tertinggi Gereja Katolik itu.